AS Curigai China Pengaruhi Pemilu di Taiwan

Jum'at, 22 November 2019 - 17:12 WIB
AS Curigai China Pengaruhi Pemilu di Taiwan
De facto Duta Besar AS untuk Taiwan Brent Christensen berbicara di Taipei, Taiwan. (Foto/REUTERS/Fabian Hamacher)
A A A
TAIPEI - Amerika Serikat (AS) mencurigai adanya upaya China mempengaruhi pemilu presiden Taiwan. De facto Duta Besar AS untuk Taiwan Brent Christensen mengungkapkan pendapat itu saat berada di Taiwan.

Saat ini China meningkatkan tekanan pada Taiwan menjelang pemilu Januari. Komentar Christensen muncul beberapa hari setelah Taiwan mengecam China yang berupaya mencampuri proses demokrasi dalam pemilu 11 Januari yang akan memilih presiden dan anggota legislatif.

Dalam upayanya, China mengirim armada kapal induk melintasi Selat Taiwan pada Minggu (17/11).

"Kami mengetahui China berupaya menerapkan tekanan melalui berbagai cara pada Taiwan. Tentu, upaya untuk mempengaruhi proses demokratis Taiwan itu menjadi kekhawatiran," ujar Christensen.

"Kami yakin aktor-aktor jahat menggunakan kampanye disinformasi untuk membuat orang kehilangan keyakinan pada lembaga-lembaga demokratis," kata dia, dilansir Reuters.

Beijing dalam beberapa bulan terakhir meningkatkan upaya reunifikasi terhadap Taiwan yang dianggap sebagai provinsinya. China secara rutin melakukan patroli pesawat bomber di sekitar Taiwan dan mengisolasi Taipei secara diplomatik.

AS, seperti sebagian besar negara lain, tidak memiliki hubungan diplomatik dengna Taiwan tapi terikat hukum untuk membantu Taiwan membela diri. AS menjadi pendukung terkuat Taiwan di pentas internasional.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3388 seconds (0.1#10.140)