Penyebab Bayi Lahir Cacat, Dandim Dorong Pemkab Madina Cari Solusi

Kamis, 21 November 2019 - 11:02 WIB
Penyebab Bayi Lahir Cacat, Dandim Dorong Pemkab Madina Cari Solusi
Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto. (Foto/SINDOnews/Zia Nasution)
A A A
MANDAILING NATAL - Kodim 0212/TS, akan mengawal dan mendorong Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina)untuk melaksanakan tindakan kongkrit di lapangan demi mendapatkan solusi terbaik agar kasus bayi lahir cacat tidak terjadi lagi kedepannya.

Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto mengatakan, beberapa hari yang lalu, dua orang bayi lahir di luar batas kewajaran yaitu, Grastroschisis (posisi usus diluar perut) dan satu lagi Meningo Enohit Lope (otak diluar batok kepala), sehingga menjadi perhatian publik, termasuk TNI.

"Secara berkesinambungan, kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madina untuk mencari penyebab lahirnya bayi diluar batas kewajaran,"ujarnya kepada wartawan, Kamis (21/11/2019).

Informasi sementara dari Dinkes, penyebab bayi lahir dengan kelainan di luar batas kewajaran ada beberapa faktor diantaranya, faktor genetika atau keturunan, masalah gizi, faktor antenatal atau perilaku pada saat ibunya sedang hamil dan pengaruh bahan kimia.

"Di wilayah Kabupaten Mandailing Natal ini banyak tambang yang dikelola oleh masyarakat lokal secara tradisional yang telah dilaksanakan secara turun temurun untuk menambah penghasilan keluarga,"tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, apabila keberadaan tambang milik masyarakat tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya kasus kelainan kelahiran pada bayi, maka Kodim selaku bagian dari Forkopimda Kabupaten Madina, akan siap mendorong dan membantu serta mengawal Pemda, untuk segera melaksanakan upaya-upaya kongkrit demi mendapatkan solusi terbaik bagi masyarakat.

“Jika dalam menemukan solusi terbaik tersebut perlu dilaksanakan tindakan penegakan hukum, maka Kodim siap untuk membantu pihak Kepolisian Polres Madina dalam pelaksanaannya di lapangan,”tandasnya.

Dandim menambahkan, Pangdam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah, mengingatkan agar para personil selalu menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat, terutama yang terkena dampak. Selain itu, Pangdam juga mengingatkan agar para personil dijajaran Kodim 0212/TS senantiasa menjaga diri sehingga tidak berdampak terhadapnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1503 seconds (0.1#10.140)