Penuhi Target PBB, Kades Pamatang Simalungun Jemput Bola ke Rumah Warga

Rabu, 20 November 2019 - 14:05 WIB
Penuhi Target PBB, Kades Pamatang Simalungun Jemput Bola ke Rumah Warga
Kepala Desa Pamatang Simalungun, Kecamatan Siantar, Mangihut M Manik jemput bola pembayaran PBB ke rumah warga.(foto/SINDONews/Ricky F Hutapea)
A A A
SIMALUNGUN - Baru tiga bulan menjabat Kepala Desa (Pangolu) Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Mangihut M Manik, melakukan terobosan menemput bola pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) ke rumah - rumah warga.

Hasilnya sampai November, perolehan pendapatan asli daerah (PAD) dari PBB di Desa Pamatang Simalungun sudah mencapai Rp41 juta dari target sekitar Rp 240 juta pada tahun 2019.

Mengihut mengatakan, jemput bola diharapkan kesadaran masyarakat membayar PBB semakin tinggi. "Banyak warga Desa Pamatang Simalungun yang tidak memiliki waktu membayar PBB ke kantor kepala desa atau tempat pembayaran yang sudah ditentukan karena kesibukan aktivitasnya, sehingga dengan jemput bola masyarakat sadar untuk membayarnya," kata Mangihut kepada SINDONews, Rabu (20/11/2019).

Mangihut optimis dalam kurun waktu lebih kurang dua bulan ini realisasi PBB akan mampu mencapai 90% dari target dengan pelayanan jemput bola.

Pelayanan jemput bola yang dilakukan Pangolu Pematang Simalungun tersebut diapresiasi anggota DPRD Simalungun, Badri Kalimantan. "Saya mengapresiasi inovasi pangolu Pematang Simalungun dengan inovasi jemput bola pembayaran PBB yang merupakan salah satu sumber dana pembangunan daerah," kata Badri.

Politisi partai Gerindra itu berharap program jemput bola pembayaran PBB dapat diikuti oleh kepala desa lain di Kabupaten Simalungun sehingga diharapkan pencapaian PAD dari pajak bumi dan bangunan setiap tahunnya bisa mencapai 100% dari target.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1713 seconds (0.1#10.140)