15 Tahun Dipenjara karena Lukai 2 Orang, Beruang Ini Kini Dibebaskan

Senin, 18 November 2019 - 20:48 WIB
15 Tahun Dipenjara karena Lukai 2 Orang, Beruang Ini Kini Dibebaskan
Katya, beruang coklat di Kazakhstan yang telah dipenjara 15 tahun karena melukai dua orang. Foto/East2 West News
A A A
NUR SULTAN - Beruang coklat bernama Katya alias Ekaterina menjadi satu-satunya beruang di dunia yang menjalani hukuman penjara di penjara manusia hingga 15 tahun karena melukai dua orang dalam insiden terpisah.

Satwa ini kini dibebaskan setelah. Katya dikurung di blok penjara tempat para pembunuh dan penjahat lainnya dibui. Satwa ini mulai dikirim ke sebuah penjara di Kazakhstan pada 2004.

Hukuman ini kedengarannya aneh, tapi fakta bahwa berung coklat ini dinyatakan bersalah setelah melukai dua orang di sebuah lokasi perkemahan dalam dua insiden terpisah.

Setelah menjalani penjara 15 tahun, Katya sekarang dipindahkan ke kebun binatang mini di sebuah pusat rekreasi di mana dia dijanjikan lebih banyak kebebasan.

Satwa besar ini telah menjadi narapidana paling terkenal dan tidak biasa di penjara Kazakhstan sebelum dia dibebaskan.

Sebuah patung berwarna emas bahkan dibangun untuk menghormatinya di penjara yang menampung 730 penjahat berbahaya.

Beruang betina ini memiliki dua sel penjara dengan kolam renang di koloni penjara di Kostanay. Dia dirawat oleh para tahanan selama mendekam di penjara.

Sekarang beruang itu akan menjalani rehabilitasi di kandang setelah penahanannya yang berarti dia tidak terpapar hewan lain.

"Dia menghadapi pemeriksaan medis dan masa adaptasi yang panjang," kata seorang juru bicara penjara, seperti dikutip dari Daily Mirror, Senin (18/11/2019). "Beruang akan diajarkan untuk hidup dalam kondisi yang hampir alami."

"Ada kolam di mana dia bisa bermain, berenang, dan tidur di dekatnya," kata juru bicara para tahanan, Yerlan Zhutaev. "Selama ini dia bersama kita, para tahanan merawatnya."

Kepala Pusat Rekreasi Abkshino, Valentina Dmitrienko, mengatakan di rumah barunya Katya bergaul dengan beruang lain. "Beruang jantan kami, Yashka, sangat senang melihatnya," katanya.

"Dia meletakkan cakarnya di kandang ini, memeluknya, dan mencium seperti manusia. Kami semua senang atas sambutan yang begitu hangat dan semua orang tersentuh oleh pertemuan seperti itu," ujarnya.

Kebun binatang mini itu sekarang memiliki tiga beruang, bersama dengan serigala, unta, kuda poni, keledai, dan seekor yak.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5893 seconds (0.1#10.140)