Demonstran Kembali Kuasai Gedung dan Jembatan di Pusat Baghdad

Minggu, 17 November 2019 - 09:13 WIB
Demonstran Kembali Kuasai Gedung dan Jembatan di Pusat Baghdad
Demonstran Irak kembali menduduki jembatan utama di Baghdad pada Sabtu (16/11).(Foto/REUTERS/Wissm al-Okili)
A A A
BAGHDAD - Demonstran Irak kembali menguasai jembatan utama di Baghdad pada Sabtu (16/11) waktu lokal. Sebelumnya, pekan lalu aparat keamanan berhasil mengusir para demonstran dari jembatan tersebut.

Pengunjuk rasa juga menduduki satu gedung tinggi di dekat jembatan. Aksi ini memberi semangat baru pada para demonstran di ibu kota Irak setelah hampir kehilangan momentum.

"Satu bom meledak dekat lapangan pada malam lalu yang menewaskan tiga orang," papar polisi dan tim medis, dilansir Reuters. Belum jelas pihak mana yang bertanggung jawab atas ledakan bom itu.

Lebih dari 300 orang tewas selama kerusuhan di Baghdad dan selatan Irak. Unjuk rasa pecah sejak Oktober saat warga memprotes kurangnya lapangan kerja dan buruknya layanan publik.

Pengunjuk rasa kini menuntut elit politik segera mundur dan sistem pemerintahan dirombak total. Mereka menuduh elit politik banyak yang korupsi sejak tergulingnya Saddam Hussein dalam invasi pimpinan Amerika Serikat (AS) pada 2003.

Aparat keamanan menggunakan peluru tajam, gas air mata dan granat kejut untuk melawan pengunjuk rasa. Aparat telah menewaskan rata-rata sekitar 50 orang tiap pekan sejak 1 Oktober, berdasarkan data sumber kepolisian dan tim medis.

Puluhan personil kepolisian juga tewas dalam unjuk rasa itu. Pemerintah memperingatkan agar demonstran tidak memicu kekerasan.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0815 seconds (0.1#10.140)