Ukraina Berhasil Tangkap Wakil 'Menteri Perang' ISIS

Sabtu, 16 November 2019 - 12:03 WIB
Ukraina Berhasil Tangkap Wakil Menteri Perang ISIS
Ukraina menangkap wakil Menteri Perang ISIS, Al Bara Shishani. Foto/Istimewa
A A A
KIEV - Otoritas keamanan Ukraina telah menahan wakil Abu Omar al-Shishani, pria yang digambarkan Pentagon sebagai "menteri perang" ISIS, setelah menyeberang ke Ukraina dengan paspor palsu pada tahun lalu.

Dinas keamanan Ukraina, SBU, mengatakan telah menahan Al Bara Shishani, seorang warga negara Georgia. Ia ditahan dalam sebuah operasi bersama dengan Kementerian Dalam Negeri Georgia dan Badan Intelijen Pusat AS (CIA).

Sebuah pernyataan SBU mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap foto Al Bara Shishani yang dimiliki badan tersebut membuktikan bahwa orang asing yang ditahan itu memang buronan pemimpin ISIS.

"Setelah kematian Abu Omar al-Shishani, Al Bara Shishani menyeberang ke Turki dan kemudian Ukraina di mana ia terus mengoordinasikan kegiatan ISIS," kata pernyataan SBU seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (16/11/2019).

Ditambahkan bahwa ia ditahan di wilayah Kiev dekat rumah pribadi tempat dia tinggal, tanpa memberikan tanggal penangkapan.

Otoritas keamanan negara Georgia pun mengkonfirmasi jika Al Bara Shishani ditahan di Ukraina.

"Ya, kami dapat mengkonfirmasi fakta ini ... namanya (lahirnya) adalah Cezar Tokhosashvili," kata Vika Klimicheva, juru bicara dinas keamanan Georgia.

Al Bara Shishani bergabung dengan ISIS pada tahun 2015 dan merupakan wakil untuk Abu Omar al-Shishani, yang tewas dalam pertempuran pada tahun 2016. Ia masuk dalam peringkat atas di antara gerilyawan paling dicari AS di bawah program negara itu yang menawarkan hadiah hingga USD5 juta untuk informasi yang membantu mengeluarkannya dari medan perang.

Keduanya lahir di wilayah pegunungan Pankisi di Georgia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9949 seconds (0.1#10.140)