alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini 3 Tips Hidup Sehat Cara Rasulullah

Rusman Siregar
Ini 3 Tips Hidup Sehat Cara Rasulullah
Dokter Zaidul Akbar saat memberikan tausiyah sehat ala Rasulullah di Masjid Daarut Tauhiid (DT) Bandung, beberapa waktu lalu. Foto/Dok Darut Tauhid

BANDUNG - Dokter Zaidul Akbar memberikan tips kesehatan cara Rasulullah saat mengisi kajian di Masjid Daarut Tauhiid (DT) Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Beliau mengajak umat Islam memperhatikan pola hidup dan menjaga makanan.

Jika ingin membangun peradaban Islam yang kuat harus dimulai dari menjaga makanan. Salah satu tanda keimanan adalah memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh.



"Banyak masalah kesehatan, karena kita jauh dari Alqur'an atau belum tahu bagaimana kehidupan Rasulullah SAW sehari-hari," kata Dokter Zaidul Akbar seperti dilansir dari daaruttauhiid.org.

Dokter Zaidul mengatakan, apabila ada sesuatu yang Allah perintahkan dan Rasulullah SAW sampaikan adalah mutlak benar adanya. Rasulullah pernah menyampaikan sebuah hadis, "Kesembuhan itu didapat dari tiga hal yaitu, meminum madu, melakukan bekam, dan terapi besi panas (kay)".

Ketika seseorang meminum madu, ia tidak hanya meminumnya, tetapi juga berharap kesembuhan dan keberkahan dari Allah dan hal tersebut dicatat sebagai pahala.

3 Tips Hidup Sehat ala Rasulullah:

1. Menjaga Waktu Tidur.
Salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap vit, adalah dengan menjaga pola tidur seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah itu tidur di awal waktu, gunanya untuk mengistirahatkan hormon dan enzim yang ada di dalam tubuh.

2. Menghindari Makanan yang Digoreng.
Minyak sawit yang dipergunakan untuk menggoreng, termasuk jenis minyak trans, yang sifatnya keras dan berat untuk diproses oleh jantung atau pembuluh darah, yang ketika dipanaskan akan menimbulkan radikal bebas di dalam tubuh.

3. Memperbanyak Puasa.
Ketika seseorang membiasakan menahan lapar selama 20 jam, tubuhnya akan menjadi mesin pembakar lemak yang luar biasa. Untuk mengatasi berbagai macam masalah penyakit degeneratif seperti stroke, darah tinggi, kencing manis dan asam urat. Adalah dengan mengikuti pola hidup Nabi, dan ilmu science membenarkan hal tersebut. Yaitu memperbanyak berpuasa, seperti puasa Senin Kamis, ayyamul bidh dan ditambah dengan berbekam, untuk mengeluarkan racun melalui darah.

Dokter Zaidul juga mengajak untuk hidup sehat dengan kembali kepada makanan alami. "Allah Ta'ala katakan dalam Alqur'an 'Manusia diciptakan dari saripati tanah'. Dan ternyata ilmu science menjelaskan komponen tubuh kita mirip dengan komponen yang ada di dalam tanah. Maka jika ingin sehat kembalilah mengonsumsi produk yang tumbuh di dalam tanah, seperti sayur dan buah".

Perilaku kita dipengaruhi oleh apa yang kita makan, maka ada satu quote yang berbunyi 'Good Food is Good Mood'. Jika ingin mendapatkan mood yang baik, maka makanlah makanan yang baik, masih asli, alami tanpa diolah, salah satunya buah dan sayur.

"Mari kita berikan yang terbaik untuk tubuh, salah satunya dengan bersedakah pada diri sendiri. Ketika kita makan makanan yang sehat, saat itu kita sedang bersedekah untuk diri sendiri. Dan niatkan menjaga badan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Ta'ala," ajaknya.



(vhs)

loading...