alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tebing Longsor dan Bongkahan Batu Berjatuhan di Gunungsitoli

Iman Jaya Lase
Tebing Longsor dan Bongkahan Batu Berjatuhan di Gunungsitoli
Tebing longsor terjadi di Hilibadalu, Kelurahan Pasar, Kota Gunung Sitoli, Provinsi Sumatera Utara pada Minggu (10/11/2019). (Foto/Inews TV/Iman Jaya Lase)

GUNUNGSITOLI - Tebing longsor terjadi di Hilibadalu, Kelurahan Pasar, Kota Gunung Sitoli, Provinsi Sumatera Utara pada Minggu (10/11/2019).

Material longsor menutup jalur penghubung dari dan menuju Hilibadalu dan menimpa rumah salah satu warga. Bahkan saat melakukan pembersihan material longsor, kembali terjadi longsor susulan dan hampir menimpa warga. Kejadian ini sempat terekam kamera ponsel salah satu warga ada.

Tebing longsor ini diakibatkan curah hujan dengan intensitas tinggi sejak Minggu sore, selain curah hujan tebing longsor ini juga terjadi dikarenakan warga setempat sering kali melakukan penggalian batu di lokasi tersebut.



Sebelumnya warga telah diperingatkan untuk tidak melakukan penggalian tanpa izin, selain dapat menyebabkan bencana juga menjadikan tata ruang wilayah yang sudah ditetpkan oleh pemerintah

"Warga berharap pemerintah setempat segera mengatasi jangan sampai terjadi korban jiwa. Karena ini akses jalan utama yang sering dilalui kendaraan dan pejalan kaki," kata warga setempat, Odaligio Zebua.

Zebua juga menyebut longsor juga akibat warga yang melakukan penggalian batu di lokasi tersebut.



(vhs)