Militer Rusia Dibekali Jet Tempur Siluman Su-57

Senin, 11 November 2019 - 09:16 WIB
Militer Rusia Dibekali Jet Tempur Siluman Su-57
Pesawat jet tempur siluman generasi kelima Rusia, Su-57 dalam waktu dekat siap untuk dipergunakan militer udara Rusia. (Foto/REUTERS/Sergei Karpukhin)
A A A
MOSKOW - Pesawat jet tempur siluman Su-57 pertama hasil produksi serial siap untuk melayani militer Rusia. Pesawat tempur generasi kelima ini dikirim ke Angkatan Udara Rusia.

"Mengenai program pembuatan pesawat generasi kelima jet tempur Su-57 pertama yang diproduksi serial sebenarnya siap untuk dikirim ke pasukan. Akan dikirim ke Angkatan Udara sebelum akhir tahun ini," kata Wakil Menteri Pertahanan Alexei Krivoruchko kepada wartawan.

Hal ini disampaikan setelah Krivoruchko disela-sela mengunjungi Komsomolsk-on-Amur Aviation Enterprise, pabrikan yang sedang membangun jet tempur Rusia paling canggih, Jumat pekan lalu.

"Tahun depan, kami berharap mendapatkan pesawat seperti itu dan selanjutnya produksi mereka akan berlipat ganda," ujarnya, dikutip dari kantor berita TASS, Minggu (10/11/2019).

Menurutnya, di bawah kontrak saat ini, Angkatan Udara Rusia akan menerima 76 unit pesawat tempur generasi kelima Su-57 pada tahun 2028.

Su-57 adalah pesawat tempur multirole generasi kelima yang dirancang untuk menghancurkan semua jenis target udara, darat dan laut. Jet tempur Su-57 memiliki teknologi stealth (siluman) dengan penggunaan material komposit yang meluas, yang mampu mengembangkan kecepatan jelajah supersonik dan dilengkapi dengan peralatan radio-elektronik onboard yang paling canggih, termasuk komputer onboard yang kuat.

Selain itu, pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem radar yang menyebar ke seluruh tubuh pesawat dan beberapa inovasi lainnya, khususnya, persenjataan yang ditempatkan di dalam badan pesawat.

Su-57 naik terbang ke udara untuk pertama kalinya pada tanggal 29 Januari 2010. Dibandingkan dengan pendahulunya, Su-57 menggabungkan fungsi pesawat serang dan jet tempur.

Persenjataan pesawat tersebut akan mencakup rudal hipersonik. Jet tempur generasi kelima telah berhasil diuji dalam kondisi tempur di Suriah.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1001 seconds (0.1#10.140)