UMSU Medan Raih Peringkat 1 PTS Terbaik di Sumatera

Rabu, 03 Juni 2020 - 09:49 WIB
loading...
UMSU Medan Raih Peringkat 1 PTS Terbaik di Sumatera
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan berhasil masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi pemeringkatan yang dirilis oleh 4ICU University Rankings Tahun 2020.(Foto/Dok)
A A A
MEDAN - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ( UMSU) Medan, Sumatera Utara berhasil masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi pemeringkatan yang dirilis oleh 4ICU University Rankings Tahun 2020.

UMSUberada pada urutan 53 perguruan tinggi terbaik se-Indonesia dan menjadi perguruan tinggi swasta peringkat pertama di Sumatera Utara. Posisi UMSU dalam daftar yang disusun pemeringkatan 4ICU University Rankings Tahun 2020 jauh di atas Universitas Medan Area yang berada di peringkat 78 dan Universitas Potensi Utama (152), Universitas Pancabudi (176) disusul Universitas Islam Sumatera Utara di peringkat (186).

Paling membanggakan, dalam pemeringkatan 4ICU University Rankings Tahun 2020, UMSUmasuk dalam urutan 34 Top Islamic Universities in the World. Posisi UMSU berada di bawah Universiti Sains Islam Malaysia (29), Jordan University of Science and Technology (30) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (31), Taibah University (32), Osmania University (33).

Dari daftar rangking yang dipublikasikan 4ICU University Rankings Tahun 2020, selain UMS, tampak kenaikan peringkat sejumlah universitas di Sumut. (BACA JUGA: Komisi Informasi Pusat Minta Pemerintah Terbuka dan Transfaran Soal Dana Haji 2020)

Kepala LLDikti Wilayah 1 Sumut, Prof Dian Armanto Phd mengatakan, naiknya peringkat beberapa perguruan tinggi di Sumut, pertanda adanya perbaikan mutu yang dilakukan pihak
universitas. Kondisi ini tentu sangat menggembirakan dan diharapkan kualitas pendidikan di kampus bisa terus dipacu untuk ditingkatkan.

"Prestasi ini membanggakan, kami mengajak untuk terus bekerja sama guna menjalankan program-program dikti agar lebih baik. Saya kira untuk akreditasi internasional kiranya sudah perlu dipertimbangkan kembali," katanya dalam keterangannya, Selasa (2/5/2020).

Menurutnya, ada beberapa kriteria yang dijadikan rujukan untuk menentukan peringkat performa sebuah perguruan tinggi. Pertama, derajat akreditasi, dimana saat ini UMSU sudah meraih Akreditasi "A" untuk institusi dan sudah ada 10 program studi di UMSU yang juga terakreditasi A. "Tak kalah pentingnya lagi adalah publikasi," katanya.

Penilaian yang dilakukan 4ICU University Rankings karena sifatnya tidak meninjau langsung, maka publikasi yang dilakukan universitas sangat menentukan. Pada saat sekarang ini, pemanfaatan media publikasi tidak bisa diabaikan karena masyarakat bisa menilai dan mengkonfirmasi aktifitas yang dilakukan .(BACA JUGA: Sebanyak 8.328 Calon Jamaah Haji Asal Sumut Menunggu Sosialisasi Lebih Lanjut)

"Publikasi itu sekarang sangat menentukan, bukan hanya di tingkatan universitas, tapi juga individual dosen. Apakah yang dilakukan dosen secara individual, baik itu publikasi diri dosen melalui jurnal ataupun melalui penelitian atau kegiatan lain, dan saya kira UMSU memfasilitasi publikasi itu," katanya.

Lembaga Pemeringkat 4 International Colleges & Universities (4ICU) merupakan direktori dan ranking perguruan tinggi di dunia yang dibuat oleh web 4icu.org. Lembaga ini setiap tahunnya mempublish top universitas rangking secara global maupun nasional di satu negara.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)