Dahsyatnya Bersedekah Pada Hari Jumat, Dianjurkan Dilakukan Pagi Hari

Jum'at, 08 November 2019 - 05:08 WIB
Dahsyatnya Bersedekah Pada Hari Jumat, Dianjurkan Dilakukan Pagi Hari
Bersedekah ada hari Jumat yang disebut sebagai hari penuh berkah bagi umat Islam. Amalan-amalan di hari Jumat pun dijanjikan pahala yang berlipat ganda. (Foto/Ilustrasi/SINDOnews)
A A A
MEDAN - Anjuran bersedekah dikumandangkan Nabiullah Muhammad SAW kepada umatnya. Bersedekah dapat dilakukan kapan dan kepada siapa saja yang membutuhkan.

Termasuk pada hari Jumat, hari ini, yang disebut sebagai hari penuh berkah bagi umat Islam. Amalan-amalan di hari Jumat pun dijanjikan pahala yang berlipat ganda.

Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwatkan; "Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekan pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.”

Hari Jumat merupakan hari paling baik dibanding hari-hari lainnya. Bahkan disebut sebagai sayyidul ayyam, pemimpin hari-hari lainnya. Pada hari itu, Allah membuka pintu ampunan, doa dikabulkan dan amal biak dijanjikan pahala yang sangat besar. Karena itu, Nabi Saw. menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak ibadah, zikir, shalawat, amal shaleh dan sedekah di hari Jumat.

Disebutkan bahwa Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah pada hari Jumat. Beliau berkata; "Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Sebaiknya, sedekah pada hari Jumat dilasanakan pada pagi hari. Hal ini selain agar mendapatkan keutamaan sedekah hari Jumat, juga agar mendapatkan keutamaan doa malaikat. Para malaikat selalu mendoakan kebaikan pada setiap orang bersedekah di pagi hari. Nabi Saw. bersabda;

Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim).
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7443 seconds (0.1#10.140)