alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

China Siap Kerja Sama dengan ASEAN Ciptakan Perdamaian di LCS

Victor Maulana
China Siap Kerja Sama dengan ASEAN Ciptakan Perdamaian di LCS
Perdana Menteri China, Li Keqiang menyatakan siap bekerjasama dengan ASEAN dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan. Foto/Reuters

BEIJING - China menyatakan siap bekerja sama dengan negara ASEAN dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan.

Hal itu disampaikan oleh Perdana Menteri China, Li Keqiang. Berbicara pasca melakukan pertemuan dengan para pemimpin ASEAN di Bangkok, Thailand, Li menegaskan bahwa negaranya siap bekerja dengan negara-negara Asia Tenggara untuk perdamaian dan stabilitas jangka panjang di Laut China Selatan.

Li, seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu (11/3/2019), mengungkapnya adanya kemajuan dari pembahasan kode perilaku atau CoC di Laut Cina Selatan yang telah lama ditunggu-tunggu, yang akan selesai dalam waktu tiga tahun.



"Kami bersedia bekerja sama dengan ASEAN, di bawah konsensus yang telah dicapai, untuk mempertahankan perdamaian dan stabilitas jangka panjang di Laut Cina Selatan, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan selama tiga tahun," ucap Li.

Kode yang mengikat secara hukum telah lama menjadi tujuan bagi anggota ASEAN untuk memperdebatkan apa yang mereka lihat sebagai pengabaian hak-hak kedaulatan dan gangguan terhadap eksplorasi energi dan penangkapan ikan mereka oleh China.



(vhs)

loading...