Baru Selesai Dikerjakan, Jalan Nasional Telukdalam-Pantai Sorake Mulai Rusak

Minggu, 03 November 2019 - 11:58 WIB
Baru Selesai Dikerjakan, Jalan Nasional Telukdalam-Pantai Sorake Mulai Rusak
Jalan nasional jalur Tekukdalam-Pantai Sorake tepatnya di Hiliamaeta, Kecamatan Luahagundre, Nisel badan jalan yang dihotmix bulan lalu sudah terkelupas dan retak di sejumlah titik. (Foto/Inews TV/Imam Lase)
A A A
NIAS SELATAN - Jalan nasional jalur Tekukdalam-Pantai Sorake tepatnya di Hiliamaeta, Kecamatan Luahagundre, Kabupaten Nias Selatan (Nisel) badan jalan yang dihotmix bulan lalu sudah terkelupas dan retak di sejumlah titik.

Sejumlah warga Nias Selatan mengeluh dengan kondisi jalan yang baru saja selesai dikerjakan namun sudah rusak, salah satunya Hasan Hia yang menilai pengaspalan jalan nasional jalur Telukdalam-Pantai Sorake diduga asal jadi. Karena baru sebulan dikerjakan jalan itu sudah terkelupas padahal telah menghabiskan uang negara hingga miliaran rupiah. (Baca juga: Jalan Nasional Telukdalam-Lolowau Makin Hancur, BBPJN Sumut Jangan Cuma Janji Perbaiki)

"Ironisnya, kualitas pengerjaan sangat mengecewakan. Penilaian sebagai masyarakat awam, aspal tidak berfungsi efektif mengikat batu kerikil halus sehingga beberapa bagian jalan saat ini sudah terkelupas," kata Hia.

“Jika seperti ini kualitas pengerjaan, tidak lama jalan akan kembali rusak,” keluhnya sembari mengatakan permukaan aspal yang telah dikerjakan juga tidak rata, bergelombang sehingga tidak jauh beda dengan kondisi belum diperbaiki.

Warga lainnya juga menerangkan pihak pekerja tidak memasang plang proyek, sehingga masyarakat bingung terkait proyek itu. Mereka minta instansi berwenang segera memperbaiki jalan tersebut demi keamanan dan kenyamanan masyarakat sebab, jalan tersebut adalah akses utama lintasan belasan kecamatan di wilayah Nias Selatan. (Baca juga: Terkesan Dibiarkan, Puluhan Titik Jalan Nasional Telukdalam-Lolowau Rusak Parah)

Perbaikan juga diharapkan sebagaimana mestinya sesuai petunjuk teknis pelaksanaan. Dana yang dianggarkan begitu besar kiranya terpakai dengan efektif demi perbaikan jaringan jalan nasional di Nias Selatan yang akan membantu kelancaran lalu lintas masyarakat.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0328 seconds (0.1#10.140)