Sejarah Panjang Peugeot Mulai dari Sepeda, Pekakas hingga Mobil

Minggu, 03 November 2019 - 05:41 WIB
Sejarah Panjang Peugeot Mulai dari Sepeda, Pekakas hingga Mobil
Mobil Kuno Peugeot. FOTO/ Ist
A A A
MEDAN - Menyebut nama pabrikan mobil Peugeot asala Perancis yang elegan dan begitu terkemuka. Peugeot punya sejarah panjang, sebelum menjadi transporter asal Perancis berkiprah dalam dunia otomotif global.

Peugeot yang sekarang dikenal sebagai salah satu merek mobil yang dibawah naungan Grup Astra di Indonesia, ternyata memiliki sejarah yang sangat panjang. Bukan saja di Indonesia, tapi juga dari tanah kelahirannya di Perancis.

Selama lebih dari 200 tahun ternyata nama Peugeot dan logo singa sudah berkiprah. Justru awal kelahiran, Peugeot bukanlah pabrikan otomotif. Sepak terjang Peugeot begitu berwarna dalam berbagai industri di Perancis. Pabrikan asal Perancis awal kehadirannya dikenal sebagai produk alat perkakas, penumbuk lada, sepeda, sepeda motor, hingga akhirnya mobil.

Sejarah unik semenjak tahun 1810 dimulai oleh Jean-Pierre II dan Jean-Frederic yang merupakan anak dari Jean-Pierre Peugeot dengan membuka industri di bawah nama Peugeot.

Usaha pertama mereka merupakan industri pengecoran baja yang menandai era pertama industri dari keluarga Peugeot Ekspansi terhadap produk lainnya pun mulai dilakukan dengan memulai produksi gergaji, pegas, tulang baja pada payung; logo Singa Peugeot pun muncul pertama kali pada tahun 1850 pada gergaji yang mereka produksi. Mulai tahun 1882, Peugeot mulai memproduksi sepeda yang akhirnya mereka kembangkan dengan turut memproduksi sepeda motor mulai tahun 1885 hingga detik ini.

Akhirnya pada tahun 1888 di bawah kepemimpinan Armand Peugeot, merek dagang Peugeot mulai memasuki bisnis otomotif. Mobil pertama yang mereka produksi merupakan mobil bermesin steam yang pertama kali dijual pada tahun 1891.

Seiring dengan berjalannya waktu, konsistensi Peugeot berkecimpung menjadi produsen otomotif terus berinovasi mengikuti perkembangan jaman hingga sekarang. Mulai dari mesin steam, bensin, diesel, hybrid, hingga full elektrik.
Peugeot terus turut menjadi bagian dari sejarah otomotif global selama lebih dari 200 tahun merek ini berdiri. Sekarang ini, Peugeot merupakan bagian dari PSA Group yang membawahi beberapa merek lainnya seperti Citroen, DS Mobile, Opel, dan Vauxhall.

Sementara di Indonesia, Peugeot sudah dikenal semenjak tahun 1972 saat Astra secara resmi menjadi distributor Peugeot. Mulai dari model 504, 505, 206, 306, 406, 407, dan lainnya. Kenyamanan suspensi mobil besutan Perancis ini begitu melekat karena sudah mengikuti pekembangan Indonesia sendiri sampai sekarang ini dimana model yang beredar di Indonesia telah menjadi SUV yaitu Peugeot 3008 & 5008.

Pengalaman Peugeot di dunia selama lebih dari 200 tahun dan Astra di Indonesia lebih dari 47 tahun pun menjadi sebuah jaminan tersendiri dalam kualitas dan kenyamanan sebuah kendaraan.

PT Astra International dengan Astra Peugeot-nya sendiri kini memberikan jaminan 5 Years Peace of Mind dimana Warranty produk Astra Peugeot diberikan selama 5 tahun atau 100.000 kilometer, PMP (Peugeot Maintenance Package) yaitu Free Servis Berkala (Jasa dan Sparepart) selama 5 tahun atau 60.000 KM untuk pembelian unit kendaraan dari Astra Peugeot serta 5 tahun layanan 24 Jam Emergency Roadside Assistance dari Astraworld. Jaringan Astra Peugeot terdapat di wilayah Jakarta, Tangerang, Solo, dan Surabaya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4039 seconds (0.1#10.140)