alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rumah Warganya Hancur Dihantam Roket, Israel Bombardir Hamas di Gaza

Anton Suhartono
Rumah Warganya Hancur Dihantam Roket, Israel Bombardir Hamas di Gaza
Israel melancarkan serangan udara ke Gaza sebagai respons atas tembakan roket (Foto: Inews/AFP)

GAZA - Militer Israel melancarkan serangan udara ke wilayah Jalur Gaza, Sabtu (2/11/2019) dini hari. Jet-jet tempur Israel menargetkan puluhan lokasi yang diduga sebagai basis Hamas.

Israel mengklaim serangan terbaru ini sebagai respons atas tembakan 10 roket dari Gaza secara bergelombang pada Jumat (1/11/2019) malam yang menghancurkan sebuah rumah.

Militer Israel menyatakan sistem pertahanan antirudal Iron Dome bisa mencegat delapan roket, namun dua lainnya lolos. Sirene peringatan serangan udara terdengar di Israel bagian selatan sebagai pertanda kepada warga untuk waspada.



Roket yang lolos mengenai satu rumah, namun tak ada korban. "Rumah sebuah keluarga di Israel selatan terkena roket yang ditembakkan dari Gaza," demikian pernyataan militer, dalam cuitan.

Sementara itu sumber keamanan di Gaza mengatakan, serangan udara Israel memang mengenai basis-basis Hamas dan sekutunya, namun tak ada korban jiwa.

Kementerian kesehatan Palestina di Gaza mengungkap, tiga orang luka, satu di antaranya dalam kondisi serius. Suara ledakan bisa terdengar di berbagai tempat di wilayah yang diblokade sejak 2007 itu.

Sumber di Hamas mengatakan kepada AFP, mereka merespons serangan Israel dengan menembaki jet-jet tempur. Di saat bersamaan militer Israel menyebut ada serangan roket terbaru dari Gaza.

Ini merupakan serangan kedua berturut-turut yang dialukan dari Hamas. Padahal serangan roket terakhir dari Gaza ke Israel terjadi pada 12 September.

Para pejuang di Gaza biasanya meluncurkan roket ke Israel sebagai respons atas penembakan tentara Israel di perbatasan yang menewaskan warga.



(zys)

loading...