Rawa Singkil Lokasi Area Flora dan Fauna Langka yang Eksotis di Aceh

Sabtu, 02 November 2019 - 06:08 WIB
Rawa Singkil Lokasi Area Flora dan Fauna Langka yang Eksotis di Aceh
Rawa Singkil memang belum terdengar luas di kalangan turis. Tapi, daerah ini menyimpan alam yang luar biasa. Foto/SINDONews/Ropi Rahendra
A A A
ACEH - Berbagai cara dapat dilakukan untuk menikmati waktu berlibur. Namun, jika Anda penikmat wisata alam, patut berkunjung ke Rawa Singkil di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

Di tempat ini, Anda bisa melihat langsung kehidupan liar orang utan dan berbagai jenis satwa langka. Pasalnya, Rawa Singkil merupakan areal suaka marga satwa. Di atas lahan seluas lebih dari 800 ribu hektare ini terdapat keanekaragaman hayati yang kaya dan Anda dapat menikmati pemandangan yang masih alami. (Baca juga: Kunjungi Istana Sisingamangaraja, Menpar Angkat Potensi Wisata Humbahas)

Selain menyajikan keindahan alam yang luar biasa, Anda juga dibuat takjub dengan melihat langsung beragam flora dan fauna langka, seperti buaya rawa dan beruang madu.

Untuk bisa ke destinasi wisata ini, Anda harus menggunakan perahu tradisional milik masyarakat setempat. Perjalanan dimulai dari Desa Suka Makmur, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh dan membayar Rp500 ribu per hari untuk jasa sewa perahu. (Baca juga: Tapanuli Utara Ingin Menciptakan Industri Wisata Danau Toba Ditopang SDM Lokal)

Dari Desa Makmur dibutuhkan perjalanan 2 jam untuk sampai ke lokasi wisata. Tapi, jangan khawatir tentang perjalanan yang jenuh. Pasalnya, sepanjang perjalanan Anda disuguhkan dengan bentang alam sungai Lae Cinendang yang indah serta aktivitas warga sekitar yang kerap menggunakan perahu dayung saat beraktivitas.

Sesampainya dilokasi, anda disuguhkan beragam pemandangan menarik, baik flora maupun fauna langka, hamparan pohon bakung rawa, aneka anggrek langka, dan jenis anggrek pensil. Bahkan, jika beruntung, anda dapat melihat langsung kehidupan liar orang hutan, buaya rawa, beruang madu, dan berbagai jenis burung langka lainya.

Hellena, salah seorang wisatawan asal Spanyol yang mengunjungi Rawa Singkil mengaku takjub saat pertama kali berwisata ke Rawa Singkil. Menurutnya alamnya itu masih sangat alami. “Saya benar-benar merasa luar biasa dan sangat senang telah berkunjung kemari. Ini pengalaman yang luar biasa,” ujarnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2386 seconds (0.1#10.140)