Rusia-Jepang Berencana Kolaborasi Ciptakan Robot Baru

Kamis, 31 Oktober 2019 - 23:15 WIB
Rusia-Jepang Berencana Kolaborasi Ciptakan Robot Baru
robot FEDOR (Final Experimental Demonstration Object Research). FOTO/ Ist/SINDOnews/Autotekno
A A A
MOSKOW - Jepang dan Rusia dikabarkan akan melakukan kolaborasi dalam mengembangkan robot ruang angkasa. Hal tersebut dikatakan Yevgeny Dudorov, Direktur Pelaksana Androidnaya Tekhnika, kepada kantor berita Rusia, TASS.

“Tim dari Jepang berencana mengujungi kami untuk membahas rencana pengembangan robot bersama. Tetapi sulit mengatakan apa yang akan terjadi dalam praktiknya,” kata Dudorov.

Hingga saat ini, kedua belah pihak belum membahas mengenai robot yang akan diciptakan nantinya bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) atau di luar angkasa. Pasalnya, pihak Jepang baru akan datang ke Rusia pada Desember mendatang.

Sementara itu, lanjut Dudorov, Korea Selatan juga telah menawarkan untuk melakukan kerja sama dengan Rusia dalam bidang pengembangan robot. Namun, dua negara tersebut belum menemukan waktu yang tepat untuk bertemu.

Sebelumnya, perusahaan Dudorov yang bekerja sama dengan sebuah yayasan di Rusia juga pernah mengembangkan robot FEDOR (Final Experimental Demonstration Object Research).

FEDOR dikirim untuk membantu astronot melakukan tugas di ISS dari 22 Agustus 2019 hingga 7 September 2019. Saat ini, perusahaan Dudorov tengah mengembangkan robot yang diberi nama Teledroid, untuk mengemban tugas di luar angkasa. Prototipe pertama Teledroid diharapkan siap antara Maret atau April 2020.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2343 seconds (0.1#10.140)