6 Kapal Induk AS Dikandangkan untuk Perbaikan, Pantai Atlantik Jadi Sepi

Rabu, 30 Oktober 2019 - 22:48 WIB
6 Kapal Induk AS Dikandangkan untuk Perbaikan, Pantai Atlantik Jadi Sepi
Beberapa kapal induk Amerika Serikat saat berlabuh. Foto/Sputnik/MC2 Ernest R. Scott
A A A
WASHINGTON - Kawasan pantai Atlantik Amerika Serikat sepi, tanpa ada satu pun pengerahan kapal induk Angkatan Laut Washington.

Enam kapal induk yang biasanya beroperasi di wilayah itu ternyata sedang "dikandangkan" untuk perbaikan di sebuah dermaga di Norfolk, Virginia.

Sejak awal tahun ini, beberapa dari kapal induk berbobot 100.000 ton kembali ke Norfolk untuk serangkaian perombakan, dan yang lain mengalami masalah tidak terduga. (Baca juga: Jembatan Taiwan Runtuh Timpa Kapal Ikan dan Tanker)

Seorang staf Kongres yang mengetahui masalah Angkatan Laut mengungkap fakta bahwa ada begitu banyak kapal induk di Norfolk pada saat yang sama. Menurutnya, pemandangan itu tidak biasa, tetapi memang hal seperti itu telah terjadi sebelumnya.

"Berapa banyak masalah ini akan secara operasional akan tergantung pada berapa lama situasi ini berlangsung," kata staf Kongres tersebut yang dikutip dari Breaking Defense, Rabu (30/10/2019), tanpa disebutkan namanya.

Biasanya, enam kapal induk berbasis di Norfolk. Empat berbasis di Pantai Barat—dengan dua berbasis di San Diego dan dua di Bremerton, Washington. Kapal induk terakhir, USS Ronald Reagan, adalah satu-satunya kapal yang berbasis di luar Amerika Serikat, yakni di Yokosuka, Jepang.

Dari enam kapal induk yang saat ini dalam perbaikan, kapal USS Harry S. Truman yang menjadi pusat perhatian. Kapal ini "dikandangkan" bulan lalu setelah mengalami masalah listrik yang besar.

Wakil Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana Robert Burke mengatakan Angkatan Laut sangat prihatin tentang masalah yang dialami USS Harry S. Truman.

"Truman berada di jalur yang baik menuju pemulihan, saya pikir para insinyur telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam memecahkan masalah yang sangat unik, dan memperbaikinya," kata Burke. Dia memperkirakan kapal akan siap dalam hitungan minggu, bukan bulan. (Baca juga: 7 Kapal Perang China Kepung Kapal Induk Amerika Serikat)

Kapal lain, USS George HW Bush mulai menjalani perombakan 28 bulan pada bulan Februari, dan tidak akan selesai sampai pertengahan 2021. Kapal USS George Washington baru-baru ini kembali ke perairan dari drydock, di mana ia menerima perbaikan dan pembaruan paruh baya, dan tidak akan siap operasional sampai akhir 2021.

Kapal USS John C. Stennis tiba di pelabuhan pada bulan Mei untuk mengisi bahan bakar dan perbaikan paruh baya selama bertahun-tahun, tetapi harus menunggu sampai retrofit USS George Washington rampung.

Berikut enam kapal induk Amerika yang menjalani perbaikan dalam waktu yang bersamaan;
1. USS Dwight D. Eisenhower (CVN-69)—telah menyelesaikan Fase Dasar dari Rencana Respons Armada yang Dioptimalkan (OFRP) dan sedang berjalan secara normal melalui pelatihan yang akan digunakan.
2. USS George Washington (CVN 73)—dalam Fase Pemeliharaan yang menjalani Pengisian Bahan Bakar dan Pemeriksaan Kompleks (RCOH) di Newport News Shipbuilding.
3. USS John C. Stennis (CVN 74)—pada tahap akhir OFRP. Kapal ini akan mendukung operasi di lepas Pantai Timur, dan dijadwalkan untuk fase RCOH.
4. USS Harry S. Truman (CVN 75)—dalam Fase Keberlanjutan; upaya perbaikan untuk masalah listrik sedang dilakukan untuk mengembalikan kapal ke kemampuan penuh untuk penyebaran kapal dan sayap udaranya sesegera mungkin.
5. USS George HW Bush (CVN 77)—dalam Fase Pemeliharaan.
6. USS Gerald R. Ford (CVN 78)—dalam proses konstruksi baru, dan selanjutnya menjalani pengujian.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9294 seconds (0.1#10.140)