Menkeu Akan Lantik Dirjen Pajak Baru, Siapa Pengganti Robert Pakpahan?

Rabu, 30 Oktober 2019 - 16:12 WIB
Menkeu Akan Lantik Dirjen Pajak Baru, Siapa Pengganti Robert Pakpahan?
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan melantik Direktur Jendral Pajak (Dirjen Pajak) yang baru pada esok hari, seiring Robert Pakpahan yang mulai memasuki masa pensiun. Foto/Dok Setkab
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani akan melantik Direktur Jendral Pajak (Dirjen Pajak) pengganti Robert Pakpahan yang mulai memasuki masa pensiun.

Pelantikan akan dilakukan besok, Kamis 31 Oktober 2019. Seperti diketahui Robert Pakpahan yang memimpin Direktorat Jendral Pajak (DJP) sejak November 2017, lalu akan mulai masuk masa pensiun pada 20 November 2019, mendatang.

Kepastian ini disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nufransa Wira Sakti yang membenarkan Menkeu Sri Mulyani akan segera melantik Direktur Jendral Pajak (Dirjen Pajak) yang baru. "Ibu Menteri yang bakal melantiknya besok," ujar Nufransa saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (30/10/2019). (Baca juga: Menkeu Sri Mulyani Bakal Kejar Pajak Netflix)

Meski begitu, Ia belum mau membocorkan siapa nama yang akan mengisi posisi Dirjen Pajak yang baru. Menurutnya Sri Mulyani sudah mengenggam nama Dirjen Pajak yang baru."Sudah ada calon, besok diumumin," jelasnya.

Seperti diketahui, Jabatan Dirjen Pajak Kementerian Keuangan menjadi posisi yang paling strategis. Pasalnya posisi itu ditunjuk langsung oleh Presiden atas rekomendasi Menteri Keuangan. Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Robert Pakpahan sebagai Dirjen Pajak menggantikan Ken Dwijugiasteadi.

Robert dilantik oleh Sri Mulyani pada tanggal 30 November 2017 di Gedung Djuanda, kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sementara itu sosok Dirjen Pajak yang baru dinilai harus memiliki kapabilitas dan memiliki loyalitas serta jaringan yang luas. Sehingga ke depan, sektor ini bisa menjadi penopang belanja negara.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0517 seconds (0.1#10.140)