AS Sebut Tentaranya Masuk Irak Atas Seizin Baghdad

Kamis, 24 Oktober 2019 - 17:05 WIB
AS Sebut Tentaranya Masuk Irak Atas Seizin Baghdad
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mark Esper mengatakan, AS sepenuhnya menghormati kedaulatan Irak. (Foto/Reuters)
A A A
BAGHDAD - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper mengatakan, AS sepenuhnya menghormati kedaulatan Irak. Pasukan AS masuk dan meninggalkan Irak dengan seizin Baghdad.

Berbicara pasca melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Irak, Adil Abdul Mahdi, Esper mengatakan bahwa laporan yang menyebutkan pasukan AS akan berada di Irak untuk waktu yang panjang adalah tidak benar.

"Pasukan AS yang ditarik dari Suriah ke Irak memasuki dan meninggalkan wilayah Irak dengan izin dan persetujuan dari pemerintah Irak, dan setiap laporan media bahwa mereka akan tinggal di Irak tidaklah benar," ucap Esper, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (24/10/2019).

Sementara itu, sebelumnya Abdul-Mahdi menuturkan bahwa dia tidak mengizinkan tentara AS untuk tinggal dalam waktu panjang di Irak. Abdul-Mahdi memyebut dia akan meminta bantuan internasional untuk memastikan AS tidak bercokol lama di negaranya.

"Baghdad tidak memberikan izin bagi pasukan AS untuk tetap di Irak. Kami meminta komunitas internasional dan PBB untuk melakukan peran mereka dalam masalah ini," ucap pemimpin Iran itu.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0460 seconds (0.1#10.140)