Puluhan Rumah Warga di Bantaran Sungai Batang Angkola Tapsel Terancam Longsor

Kamis, 24 Oktober 2019 - 09:46 WIB
Puluhan Rumah Warga di Bantaran Sungai Batang Angkola Tapsel Terancam Longsor
Kondisi sungai meluap. (Foto: Dok iNews).
A A A
TAPANULI SELATAN - Puluhan rumah warga di bantaran Sungai Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara.

terancam longsor akibat gerusan arus sungai yang meluap. Kondisinya semakin parah lantaran hujan lebat di wilayah tersebut belakangan hari ini.

Camat Angkola Muara, AM Fadhil mengatakan, sudah melaporkan kondisi bantaran Sungai Batang Angkola yang mengancam permukiman waga di sekitar Desa Pargumbangan, Kecamatan Angkola Muara, kepada Bupati Tapsel melalui BPBD.

"Solusi sementara untuk mengantisipasi agar tebing sungai tidak amblas dengan cara memasang bangunan berupa beronjong (batu penahan arus)," kata Fadhil kepada wartawan di Kabupaten Tapsel, Sumut, Kamis (24/10/2019).

Dia mengatakan, selain mengancam rumah-rumah penduduk, di sekitaran sungai tersebut terdapat fasilitas umum lain. Di antaranya, ada satu unit masjid, satu madrasyah, serta jembatan yang menghubungkan antardesa, dan lokasi warga yang areal perkebunan mereka.

Camat Fadhil mengatakan, lokasi terancam longsor di sekitar permukiman warga, kisarannya sepanjang 500 meter dengan ketinggian lebih kurang 20 meter. Dia berharap ada bantuan dari pemerintah secepatnya.

"Kalau kondisi seperti ini terus menerus, saya khawatir akan datang bencana," ujar dia.

Apalagi, kata dia, hujan di daerah Tapsel Sumut selama dua hari belakangan dikatakan turun merata dengan intensitas lebat. Akibatnya permukaan air sungai Batang Angkola meluap, dan pelan-pelan mengikis dinding sungai.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9572 seconds (0.1#10.140)