alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hartarto - Airlangga Hartarto, Ayah dan Anak Sukses di Partai dan di Pemerintahan

Vitrianda HIlba Siregar
Hartarto - Airlangga Hartarto, Ayah dan Anak Sukses di Partai dan di Pemerintahan
Ir Hartarto Sastrosoenarto- Ir Airlangga Hartarto (Foto/SINDOnews/Dok)

JAKARTA - Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Ungkapan ini terasa pas disematkan untuk pasangan ayah dan anaknya yakni Ir. Hartarto Sastrosoenarto dengan Ir Airlangga Hartarto.

Semasa pemerintahan Presiden Soeharto, mendiang Hartarto pernah menempati beberapa pos penting menteri.

Karir Hartarto di pemerintahan terbilang cemerlang. Dia pernah dipercaya menjadi menteri untuk empat periode berturut-turut.



Yakni pernah menjadi menteri Perindustrian pada Kabinet Pembangunan IV (1983-1988) dan Kabinet Pembangunan V (1988-1993).

Berlanjut menjadi Menteri Koordinator bidang Produksi dan Distribusi (Menko Prodis) pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998) dan Menteri Koordinator Pengawasan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara (Menko Wasbangpan) pada Kabinet Pembangunan VII (1998-1999).

Pada masa orde baru, setiap menteri adalah bagian elit dari Golongan Karya (Golkar). Begitu juga dengan Hartarto menjadi salah seorang anggota Dewan Pembina Golkar kala itu.

Nah, anak keduanya yakni Airlangga Hartarto juga cemerlang dikarier politiknya serta di pemerintahan.

Airlangga Hartarto saat ini berada di puncak karier politiknya dengan menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar, dan besar kemungkinan akan tetap berlanjut saat Munas Partai Golkar yang rencananya digelar Desemmber 2019.

Karier politiknya di Partai Golkar membawa Hartarto menjadi anggota DPR. Tak cukup sampai disitu, sama seperti ayahnya Hartarto, Airlangga juga cemerlang di pemerintahan.

Pada Kabinet Indonesia Kerja (2014-2019) Airlangga dipercaya Presiden Jokowi menjadi menteri perdagangan.

Dan pada Rabu (23/10/2019) Airlangga kembali menjadi menteri dengan level yang lebih baik lagi yakni Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian



(vhs)

loading...