Akankah Yusril, AHY dan Yenny Disiapkan untuk Reshuffle Kabinet

Rabu, 23 Oktober 2019 - 06:56 WIB
Akankah Yusril, AHY dan Yenny Disiapkan untuk Reshuffle Kabinet
Sebanyak 17 kepala negara dan 168 dubes akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wapres RI, Jokowi-Maruf Amin, Minggu (20/10) besok. Foto: Setneg RI.
A A A
JAKARTA - Sejak Senin 21 Oktober, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah tokoh ke Istana Kepresidenan, Jakarta.

Namun, beberapa nama yang sempat santer dikabarkan bakal masuk kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin justru tidak dipanggil ke Istana Kepresidenan.

Mereka adalah Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Putri Presiden RI Keempat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid serta Putra Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Terkait hal tersebut, Analis Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio meyakini sejumlah calon menteri yang sudah dipanggil Presiden Jokowi melalui pertimbangan khusus.
a
"Pak Jokowi mungkin ada pertimbangan khusus ya terhadap nama-nama yang dipanggil. Beberapa kan masih surprising (Mengejutkan-red)," ujarnya kepada SINDOnews, Selasa (22/10/2019) malam.

Dia berpendapat, selama belum ada surat keputusan (SK), maka masih ada kemungkinan susunan kabinet Jokowi-Ma'ruf bisa berubah. Pendiri Lembaga Survei Kedai Kopi itupun mengingatkan bahwa pada periode pertama atau 2014-2019, Presiden Jokowi melakukan empat kali reshuffle kabinet.

Maka itu, Yenny Wahid, Yusril Ihza Mahendra dan AHY dinilai bisa saja disiapkan untuk reshuffle kabinet nantinya. "Nah maksud saya, bukan berarti ini tidak ada perubahan di tengah jalan, jadi bisa saja nama-nama yang tadi justru disiapkan untuk mengisi tim yang lebih kuat," katanya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.6525 seconds (0.1#10.140)