Kisruh BTS Jalani Wajib Militer, Ini Kata Pemerintah Korea Selatan

Selasa, 22 Oktober 2019 - 20:18 WIB
Kisruh BTS Jalani Wajib Militer, Ini Kata Pemerintah Korea Selatan
Salah satu personel BTS dikabarkan akan menjalani wajib milter tahun ini. Isu itu membuat penggemarnya cemas. Big Hit Entertainment pun memberi tanggapan resmi. Foto/Ist/SINDOnews/Lifestyle.
A A A
SEOUL - Salah satu personel BTS dikabarkan segera menjalani wajib milter (wamil) tahun ini. Isu itu membuat penggemarnya cemas.

Big Hit Entertainment yang menjadi agensi pun langsung mengeluarkan tanggapan resmi.

“Kami tidak tahu mengapa cerita seperti ini muncul, tetapi laporan pendaftaran (wajib miter) tahun ini salah," kata sumber tersebut seperti dilansir Soompi.

Laporan itu tampaknya muncul dari komentar yang dibuat sebelumnya oleh anggota Majelis Nasional Ahn Min Suk yang juga merupakan ketua Komite untuk Budaya, Olahraga dan Pariwisata.

Saat inspeksi pemerintah tentang masa jabatan komite di Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, Ahn Min Suk mengatakan salah satu anggota BTS akan menjalani wajib militer tahun ini.

“Sepertinya salah satu anggota BTS pergi ke militer tahun ini. Tampaknya telah diputuskan untuk tidak memberikan perlakuan khusus mengenai dinas militer kepada seniman budaya pop," terang Ahn Min Suk.

“Mereka yang mengejar seni rupa menerima perlakuan khusus mengenai dinas militer jika mereka menempati posisi kedua di kompetisi internasional. Sistem ini diberlakukan selama tahun 1970-an. Pada saat itu, ada perbedaan yang sangat jelas antara seni rupa dan budaya pop," tambahnya.

"Sekarang tembok-tembok itu telah runtuh, jadi tidak masuk akal bagi hanya seniman untuk mendapatkan perlakuan khusus mengenai dinas militer dan tidak memberikannya kepada seniman budaya pop juga," lanjut dia.

Sementara, Park Yang Yoo selaku Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata mengungkapkan ada banyak pendapat yang mengatakan apakah seniman budaya pop harus menerima perlakuan khusus mengenai dinas militer. Untuk itu, pihaknya membahas masalah ini dan itu dilakukan sejak lama, sebelum ada kabar soal personel BTS wamil.

"Namun, Asosiasi Tenaga Kerja Militer dan Kementerian Pertahanan Nasional berpendapat bahwa, jika mungkin, semua perlakuan khusus mengenai dinas militer harus dikurangi. Dari sudut pandang Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata, akan lebih baik jika perlakuan khusus seperti itu dapat diperpanjang sehingga dapat lebih mempromosikan industri budaya dan olahraga kita," jelas Park Yang Yoo.

Park Yang Yoo melanjutkan bahwa ada kompetisi internasional dan domestik yang jelas untuk olahraga atau seni klasik. Orang-orang telah menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang jelas untuk budaya pop, sehingga sulit untuk distandarisasi.

"Ketika kami berdiskusi dengan industri budaya pop dan menyebutkan kesulitan mendapatkan perlakuan khusus, mereka mengatakan bahwa masalah paling praktis bagi mereka adalah kesulitan pergi ke luar negeri untuk konser bagi mereka yang belum menyelesaikan dinas militer. Mereka meminta keringanan hukuman dalam hal ini, jadi kami telah bernegosiasi dengan Asosiasi Tenaga Kerja Militer dan Kementerian Pertahanan Nasional tentang hal itu," terang Park Yang Yoo.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0339 seconds (0.1#10.140)