Plt Kapolri Komjen Ari Dono hingga Desember, Penggantinya Irjen Gatot Edi

Selasa, 22 Oktober 2019 - 20:06 WIB
Plt Kapolri Komjen Ari Dono hingga Desember, Penggantinya Irjen Gatot Edi
Ilustrasi Polri. (Foto: Istimewa/Inews.id)
A A A
JAKARTA - Rapat Paripurna DPR sudah menyetujui surat presiden tentang pemberhentian Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Selasa (22/10/2019).

Adapun pelaksana tugas (Plt) Kapolri dijabat oleh Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto.

"Presiden sudah disampaikan yang akan menjadi pelaksana tugas adalah Wakapolri Pak Ari Dono sampai ditentukan lagi siapa pengganti Kapolri," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Adapun Tito Karnavian menjadi salah satu tokoh yang dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan, Jakarta, tadi menjelang pengumuman kabinet.

Sebelumnya, Ketua Presidium Ind Police Watch, Neta S Pane dalam siaran persnya Selasa (22/10/2019) mengatakan, setelah dipanggilnya Kapolri Tito Karnavian oleh Presiden Jokowi untuk masuk dalam kabinet, Mabes Polri digadang-gadang sudah memproses Plt Kapolri untuk mengganti Tito Karnavian yakni Waka Polri Komjen Pol Ari Dono Sukamto.

"Jika semuanya berjalan lancar gerbong mutasi di Polri pun akan bergerak. Kabareskrim Komjen Idam Azis diperkirakan akan menduduki posisi Wakapolri menggantikan Ari Dono," kata Neta S.

Sementara posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Idam Azis diperkirakan akan diisi Irjen Gatot Edi yang kini menjadi Kapolda Metro Jaya. Sedangkan posisi Kapolda Metro Jaya ada dua calon kuat, yakni Kapolda Jabar Irjen Rudi dan Kapolda Lampung.

Posisi Plt Kapolri diperkirakan akan dipegang Ari Dono hingga masa pensiunnya Desember mendatang. Untuk kemudian posisi Kapolri nantinya akan dipegang Gatot Edi.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5495 seconds (0.1#10.140)