Mahfud: Kalau Tak Ada Perubahan, Saya Dilantik Rabu

Senin, 21 Oktober 2019 - 12:22 WIB
Mahfud: Kalau Tak Ada Perubahan, Saya Dilantik Rabu
Mantan Ketua MK Mahfud MD menyatakan siap membantu saat Presiden Jokowi meminta menjadi menteri. (Foto/SINDOphoto)
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyatakan bersedia membantu Presiden Jokowi menjadi menteri.

Mahfud mengatakan jika tak ada perubahan dirinya dilantik pada Rabu, 23 Oktober 2019.

"Intinya, saya diminta beliau untuk menjadi salah seorang menteri, yang kalau tidak berubah akan dilantik besok lusa hari Rabu. Pagi sudah berkumpul di sini," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019).

Dia mengaku tidak tahu posisi apa yang akan diembannya mendatang. Namun dia menduga bahwa posisi tak jauh dari topik yang dibicarakan saat bertemu.

"Saya tidak diberitahu menteri apa tetapi beliau bercerita problem-problem Indonesia yang sifatnya makro. Ekonomi politik sosial," ungkapnya.

Mahfud megatakan dirinya berdiskusi secara dalam dengan presiden terkait pelanggatan HAM dan hukum yang kurang menggigit.

"Bapak presiden memperhatikan sungguh-sungguh di bidang penegakkan hukum yang pada tahun terakhir ini agak turun. Sehingga kita diminta bekerja keras untuk benar-benar penegakkan hukum dengan sebaik-baiknya. Penegakkan hukum itu harus dimotori oleh lembaga eksekutif," paparnya

Selain itu dibahas juga soal pemberantasan korupsi di berbagai sektor. Menurutnya presiden punya data yang sangat detil dan terukur tentang apa-apa yang jadi masalah.

"Ada juga persoalan deradikalisasi. Yang sekarang ini pembelahan yang sifatnya primordial yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Secara substansi sebenarnya tidak ada perbedaan yang tajam. Supaya disatukan kembali dalam konsep kebersatuan dalam keberagaman atau keberagaman dalam kebersatuan," katanya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6728 seconds (0.1#10.140)