Polisi Kejar Pelaku Pelempar 2 Bom Molotov ke Kantor LBH Medan

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 21:54 WIB
Polisi Kejar Pelaku Pelempar 2 Bom Molotov ke Kantor LBH Medan
Potongan rekaman gambar saat api membakar Kantor LBH Medan usai dilempar bom molotov. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)
A A A
MEDAN - Polrestabes Medan mencari tahu dan mengejar pelaku pelempar dua buah bom molotov ke Kantor Lembaga Hukum (LBH) Medan di Jalan Hindu Nomor 12, Kesawan Medan Sabtu (19/10/2019) dini hari, 02.30 WIB.

"Benar. Saat ini kami masih melakukan penyelidikan," ujar Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Sabtu (19/10/2019).

Menurutnya, ada dua titik pelemparan molotov. Kendati demikian, keduanya tidak sampai membakar bangunan. Sementara untuk motifnya masih diselidiki.

“Masih diselidiki, motifnya pelemparan masih dalam penyelidikan," katanya.

Sementara itu, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan menilai aksi pelemparan bom molotov di kantornya sebagai teror. Tindakan ini bentuk usaha menciptakan ketakutan terhadap pegiat hak asasi manusia (HAM).

Dalam video yang beredar, tampak kobaran api menyala pada dua titik di bagian atap Kantor LBH Medan. Satu titik api di bagian depan dan lainnya di samping bangunan. Namun keduanya tak sampai membakar habis bangunan tersebut.

Kepala Divisi Buruh dan Miskin Kota LBH Medan Maswan Tambak mengatakan, selama ini lembaganya bekerja untuk mengadvokasi masyarakat dalam rangka penegakan hukum dan HAM. Adanya aksi membuat mereka mereka terkejut dan mendesak polisi untuk mengungkap dalangnya.

"Bagi kami ini merupakan teror terhadap penegakan HAM," ujar Maswan kepada sejumlah wartawan.

Dia mengaku belum mengetahui motif dibalik aksi tersebut. Mereka menyerahkan penanganan kasus ini ke polisi yang masih menyelidiki dengan menggali keterangan sejumlah saksi.

"Kejadian ini sudah kami laporkan dan masih diselidiki petugas," katanya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2572 seconds (0.1#10.140)