Pemprov Sumut Siapkan Kemungkinan Pelaksanaan New Normal Diterapkan

Jum'at, 29 Mei 2020 - 08:12 WIB
loading...
Pemprov Sumut Siapkan Kemungkinan Pelaksanaan New Normal Diterapkan
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah. (Foto/Humas Pemprov Sumut)
A A A
MEDAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan kemungkinan penerapan new normal.

Hal tersebut dilakukan terkait skenario normal baru atau new normal untuk kembali menggerakkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang bakal diterapkan pemerintah pusat.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Jalan Jenderal Sudirman 41 Medan, Kamis (28/5) mengungkapkan hal itu saat rapat koordinasi penanganan Covid-19. (BACA JUGA: Pemkab Asahan Gandeng IDN Chapter Malaysia Pulangkan TKI)

Wagub mengatakan, pola hidup baru atau new normal harus disiapkan di setiap aspek, mulai dari dunia usaha hingga tempat ibadah. “Covid-19 ini akan menjadi pandemi yang terus melekat di dunia ini. Maka kita harus membuat pola kehidupan baru, seperti apa kita berinteraksi serta semua pola kegiatan kita berubah sebelum ditemukannya vaksin ini,” sebutnya.

Selain itu, sosialisasi pelaksanaan protokol kesehatan kepada masyarakat masih perlu digalakkan, sehingga jika saatnya nanti new normal harus dijalankan, Sumut sudah siap. Untuk itu, Wagub mengajak pemegang kebijakan agar dapat bersama-sama mengawal dan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai hal itu. (BACA JUGA: Sekolah Bisa Jadi Klaster Baru Covid-19, Kemendikbud Harus Hati-Hati)

“Pastinya kita mohon bersama-sama ikut mengawal memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa virus ini belum selesai. Bagaimana pelaksanaannya nanti disosialisasikan, penerapan ini harus ada ketegasan dari kita,” kata Wagub sebagaimana dikutip http://covid19.sumutprov.go.id.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution menganjurkan agar Gugus Tugas menambah PCR untuk test swab di Sumut.

Selain itu berdasarkan pemantauannya, ada beberapa rumah sakit di Sumut yang memiiki PCR namun mesti ditingkatkan, sehingga ke depan test swab bisa dilakukan lebih banyak lagi. (BACA JUGA: Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja)
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.9117 seconds (0.1#10.140)