Jalan Nasional Telukdalam-Lolowau Kembali Terendam Banjir hingga 1 Meter

Jum'at, 18 Oktober 2019 - 14:15 WIB
Jalan Nasional Telukdalam-Lolowau Kembali Terendam Banjir hingga 1 Meter
Hujan deras mengguyur wilayah Nias Selatan (Nisel), Kamis (17/10) membuat ruas jalan nasional di Desa Ndraso, Kecamatan Maniamolo jalur vital penghubung Telukdalam-Lolowau kembali terendam banjir.(Foto/Inews/Imam Lase)
A A A
NIAS SELATAN - Akibat hujan deras mengguyur wilayah Nias Selatan (Nisel), Kamis (17/10) membuat ruas jalan nasional di Desa Ndraso, Kecamatan Maniamolo jalur vital penghubung Telukdalam-Lolowau kembali terendam banjir.

Amatan di lapangan, ruas jalan nasional di Desa Ndraso terendam banjir sepanjang kurang lebih 300 meter dengan ketinggian sekitar 1 meter. Akses kendaraan roda 2 dan roda 4 lumpuh total sejak Jumat (18/10/2019)pagi.

Selain itu, jalan nasional di Desa Hilimbulawa dan sekitarnya juga terendam banjir. Beberapa rumah warga dan puluhan hektare padi di sekitar jalan tersebut juga terendam banjir dengan ketinggian kurang lebih 1 meter.

"Belakangan ini jalan nasional di Desa Ndraso hampir sekali seminggu terendam banjir. Hal itu diduga akibat parit dan gorong-gorong di sepanjang jalan tersebut tidak berfungsi sehingga air sering meluap ke badan jalan. Begitu juga jalan nasional di wilayah Kecamatan Luahagundre dan Amandraya," kata S Laia salah seorang pengendara roda empat di lokasi.

Mengatasi banjir tersebut, perlu dilakukan normalisasi beberapa sungai di sekitar jalan nasional, begitu juga parit dan gorong-gorong yang tidak berfungsi diperbaiki. Kita berharap Kementerian PUPR segera mengatasinya, sebab hingga kini tak kunjung ada perbaikan, padahal jalan itu menghubungkan antara Kabupaten Nisel dengan Nias Barat," kata Laia.

Sementara sejumlah warga lainya menilai pemeliharaan jalan nasional di wilayah Nisel terabaikan. Meski kondisinya rusak parah dan mudah digenangi banjir namun dibiarkan oleh pemerintah terkait.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7573 seconds (0.1#10.140)