Turki Siapkan Jet Tempur Alternatif Pengganti F-35 AS

Rabu, 16 Oktober 2019 - 17:14 WIB
Turki Siapkan Jet Tempur Alternatif Pengganti F-35 AS
Presiden Recep Tayyep Erdogan menyatakan Turki telah menyiapkan alternatif untuk pesawat tempur F-35 AS. (Foto/Ilustrasi/SINDOnews)
A A A
ANKARA - Turki tengah mencari pesawat tempur canggih sebagai alternatif untuk mengganti jet tempur siluman F-35 buatan Amerika Serikat (AS) setelah didepak dari proyek pembuatan pesawat tempur canggih itu. Pencarian tersebut tampaknya telah membuahkan hasil. Hal itu diungkapkan Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan.

"Turki telah menyiapkan jet tempur alternatif pengganti pesawat tempur siluman F-35 AS dan tawaran telah berdatangan," kata Erdogan dalam sebuah wawancara televisi seperti dikutip dari Reuters, Rabu (16/10/2019).

Turki ditendang dari proyek jet tempur F-35 oleh AS setelah bersikukuh untuk mengakuisis sistem pertahanan rudal buatan Rusia S-400. AS mengatakan bahwa sistem pertahanan itu tidak akan kompatibel dengan sistem pertahanan yang digunakan oleh NATO. S-400 juga bisa menimbulkan ancaman bagi jet-jet F-35.

Washington menghapus Turki dari program F-35 bersama setelah menerima pengiriman sistem S-400 pada bulan Juli. Ankara, pembeli dan produser jet, mengatakan bisa mencari di tempat lain.

Sebelumnya, jet tempur canggih buatan Rusia Su-57 disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk menggantikan jet tempur F-35. Erdogan sendiri tidak menampik kemungkinan itu.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3888 seconds (0.1#10.140)