Menhub Gelontorkan Rp70 Miliar untuk Benahi Bandara Sibisa di Tobasa

Selasa, 15 Oktober 2019 - 08:14 WIB
Menhub Gelontorkan Rp70 Miliar untuk Benahi Bandara Sibisa di Tobasa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam upaya peningkatan konektivitas transportasi untuk mendukung Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kementerian Perhubungan akan membenahi Bandara Sibisa di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatra Utara. Bandara ini berada lebih kurang 10 kilometer dari Kota Parapat, Danau Toba.

"Tahun 2020, kita akan bangun runway di Bandara Sibisa menjadi sepanjang 2.000 meter dan lebar 30 meter supaya pesawat-pesawat tertentu seperti private jet dan pesawat sejenis ATR dapat mendarat ke sini agar masyarakat semakin mudah ke daerah Toba," jelas Menteri Perhubungan Budi Karya di Jakarta, Senin (14/10/2019).

Budi Karya mengungkapkan, akan menggandeng arsitek untuk membangun terminal bandara secara unik. "Kami akan kerja sama dengan arsitek Andra Martin. Ini akan jadi arsitektur yang unik dan bagus sekali," katanya.

Lanjut Menhub, terminal penumpang Bandara Sibisa yang baru pada tahap pertama ini, nantinya berukuran 1.200 meter persegi. Selain itu, Bandara Sibisa juga akan dilengkapi apron berukuran 10x50 meter yang dapat menampung pesawat 3 pesawat sekelas ATR-72. Ditambahkan Menhub nantinya Bandara Sibisa akan fokus untuk melayani pesawat jet pribadi.

Saat ini, kondisi eksisting Bandara Perintis Sibisa memiliki terminal penumpang seluas 120 meter persegi dengan panjang runway 1.200 meter. Menhub mengatakan, Kemenhub telah menyiapkan anggaran Rp70 miliar untuk mengembangkan Bandara Sibisa tahun 2020.

Lokasi Bandara Sibisa sangat dekat dengan Parapat yang merupakan pintu masuk kawasan Danau Toba. Bandara Sibisa akan berbagi peran dengan Bandara Silangit. Bandara Silangit akan melayani pesawat komersil yang besar, sedangkan di Bandara Sibisa melayani pesawat yang lebih kecil seperti ATR-72.

Bandara Sibisa saat ini melayani satu penerbangan di Hari Jumat dengan Rute Bandara Sitoli, Nias-Bandara Sibisa, Danau Toba yang dilayani maskapai Aviastar dengan pesawat jenis Twin Otter berkapasitas 18 orang.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.8947 seconds (0.1#10.140)