Jepang Batalkan 1.929 Penerbangan Akibat Topan Hagibis Mendekat

Sabtu, 12 Oktober 2019 - 18:18 WIB
Jepang Batalkan 1.929 Penerbangan Akibat Topan Hagibis Mendekat
Pegerakan Topan Hagibis yang mendekati wilayah Jepang. Foto/The Weather Channel
A A A
TOKYO - Perusahaan-perusahaan maskapai Jepang membatalkan 1.929 penerbangan internasional dan domestik karena topan dahsyat Hagibis mendekati wilayah negara tersebut pada Sabtu (12/10/2019).

Lembaga penyiaran NHK melaporkan bahwa Japan Airlines Corporation (JAL), All Nippon Airways (ANA) dan Peach Aviation telah membatalkan 262 penerbangan internasional.

Sementara itu, 13 maskapai penerbangan, termasuk JAL dan ANA, telah membatalkan 1.667 penerbangan domestik.

Topan Hagibis diperkirakan akan mendarat di pantai Pasifik Jepang, termasuk Greater Tokyo Area, pada Sabtu malam. Saat ini ada hujan lebat dan angin kencang telah melanda ibu kota Jepang, Tokyo.

Pada hari Jumat, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyerukan otoritas terkait pemerintah untuk memastikan keamanan bagi penduduk setelah Topan Hagibis mendekat.

"Sangat perlu untuk menyebarkan informasi terbaru dan jelas; mengambil langkah-langkah pencegahan bersama dengan pemerintah daerah; membuat segala sesuatu mungkin untuk memastikan keselamatan dan ketenangan publik," kata Abe, seperti dikutip NHK.

Sekolah-sekolah di Tokyo, yang diperkirakan akan terkena dampak topan, telah membatalkan proses belajar mengajar pada hari Sabtu.

Ahli meteorologi Jepang telah membandingkan Topan Hagibis dengan Topan Ida yang terkenal kuat. Sekadar diketahui, Topan Ida pernah menewaskan 1.269 orang dan menghancurkan Jepang pada tahun 1958.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8928 seconds (0.1#10.140)