alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kapolda Sumut: Keluarga Pelaku Penusukan Menko Polhukam Tidak Terpapar Paham Radikal

Zailani
Kapolda Sumut: Keluarga Pelaku Penusukan Menko Polhukam Tidak Terpapar Paham Radikal
Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto. Foto/Dok/SINDOnews

MEDAN - Keluarga Syahrial Alamsyah alias Abu Rara pelaku penusukan Menko Polhukam Wiranto di Lapangan Alun-Alun Menes, Desa Purwaraja, Kecamatan Menes, Pandeglang dipastikan tidak terpapar paham radikal.

"Pelaku terpapar paham radikal setelah meninggalkan Medan, beberapa tahun lalu. Dia terpapar aliran keras itu kemungkinan setelah tinggal di Pulau Jawa. Berdasarkan keterangan keluarganya, dia merantau ke Jawa sekitar tahun 2017 lalu," ujar Kapolda Sumut Irjen Pol. Agus Andrianto, Jumat (11/10/2019).

Dia memastikan keluarga pelaku tidak terpapar paham radikalisme setelah aparat kepolisian turun melakukan pemeriksaan terhadap Risnawati, kakak ipar Abu Rara yang tinggal di Alfakah VI, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli. Hasil pemeriksaan itu menyimpulkan keluarga Abu Rara tidak terlibat.



"Pelaku memilih merantau ke Jawa setelah rumahnya kena pembebasan lahan pembangunan jalan tol. Kita tidak bisa mengelak bahwa yang bersangkutan berasal dari Medan. Mungkin di sanalah yang bersangkutan terpapar paham radikal,” katanya. Setelah pemeriksaan Risnawati, kata dia,  pihaknya tidak menahan Risnawati.



(vhs)