Mengenal Kunai, Senjata Ninja yang Digunakan Melukai Wiranto

Kamis, 10 Oktober 2019 - 18:37 WIB
Mengenal Kunai, Senjata Ninja yang Digunakan Melukai Wiranto
Aksi seorang pria melukai Menko Polhukam Wiranto menggunakan Kunai berhasil digagalkan. (Foto: Istimewa)
A A A
JAKARTA - Saat lawatannya ke Pandeglang, Banten, Menko Polhukam Wiranto mendapat serangan senjata tajam yang menggores bagian perutnya. Setelah ditangkap polisi, diketahui kalau pelaku menyerang Wiranto menggunakan senjata jenis Kunai yang biasa digunakan Ninja.

Kunai merupakan salah satu senjata kecil yang biasa digunakan Ninja untuk mempertahankan diri atau melukai musuhnya. Alat ini biasanya hanya berukuran sekitar 10-15 cm sehingga mudah disembunyikan di balik pakaian.

Berdasarkan situs ninjaencyclopedia.com, Kunai juga bisa digunakan untuk menembus pertahanan lawan semisal masuk ke benteng musuh. Dengan ujung yang runcing, Kunai digunakan untuk melubangi tembok benteng. Fungsi lainnya, Kunai bisa juga digunakan untuk menggali tanah.

Namun jika terpaksa, Kunai juga bisa digunakan pertempuran jarak dekat. Selain itu, Kunai juga bisa dipakai untuk pisau lempar saat terdesak seperti Shuriken.

Memang, melihat bentuknya Kunai bukan senjata yang begitu mematikan. Namun biasanya seorang Ninja akan melumuri ujung Kunai dengan racun mematikan untuk melumpuhkan musuhnya.

Selain digunakan sebagai senjata, Kunai juga bisa digunakan Ninja sebagai alat bantu membuat api dengan cara memercikannya ke batu api.

Dengan ukuran yang cukup kecil, Kunai mudah dibawa ke mana-mana dan tersamar di balik baju dari penglihatan orang.

Sekarang ini, jarang sekali orang yang menggunakan Kunai untuk senjata. Di Indonesia, Kunai lebih dikenal sebagai pisau lempar untuk melatih ketrampilan membidik sasaran dari jarak yang tidak terlalu jauh atau sekitar lima meteran.

Harga pisau Kunai sendiri di olshop tidak mahal, antara Rp35.000 hingga Rp70.000 untuk satu set yang terdiri dari tiga pisau.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7567 seconds (0.1#10.140)