Perpustakaan Lafran Pane Dapat Bantuan Ribuan Buku dari MN KAHMI

Selasa, 08 Oktober 2019 - 23:50 WIB
Perpustakaan Lafran Pane Dapat Bantuan Ribuan Buku dari MN KAHMI
Ketua Dewan Penasehat MN KAHMI, Akbar Tanjung dan Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu hadir dalam produki awal Film Demi Waktu yang mengisahkan perjalanan hidup pendiri HMI, Lafran Pane. (Foto/SINDOnews/Zia Nasution)
A A A
TAPANULI SELATAN - Perpustakaan Prof Lafran Pane mendapatkan bantuan ribuan buku dari Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI).

Lafran Pane dikenal sebagai pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).Penyerahan buku itu dilakukan sekaligus dimulainya produksi film yang mengisahkan perjalanan hidup Lafran Pane.

Film itu berjudul "Demi Waktu" dimulai penggarapannya di Tapanuli Selatan, Selasa (8/10/2020). Lafran Pane lahir di Desa Pangurabaan, Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.
Adapun buku yang diserahkan dari Majelis Nasional Korps Alumni HMI (KAHMI) sebanyak 1.771 buku sedangkan dari MD KAHMI sebanyak 166 buku.

Penyerahan buku tersebut diserahkan secara simbolis dari MN KAHMI kepada Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu.

Ketua Dewan Penasehat MN KAHMI, Akbar Tanjung dalam sambutannya mengatakan, bahwa Profesor Lafran Pane adalah tokoh nasional sebagai pendiri HMI yang telah ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional yang tamat sekolah di Sipirok Tapsel.

Prof Lafran Pane adalah alumni pertama Universitas Gajah Mada (UGM) tahun 1953, yang telah mendirikan HMI pada 5 Februari 1947 yang tujuannya adalah untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan mensejahterakan rakyat Indonesia.

Sementara Ketua MN KAHMI Dr Herman Khaeron pada sambutannya menyebutkan kedatangan mereka di Sipirok Tapsel adalah untuk menyerahkan bantuan buku ke Perpustakaan Prof Lafran Pane bersama Ketua Dewan Penasehat MN KAHMI yang sekaligus untuk membalas kebaikan Bupati Tapsel Bapak H Syahrul M Pasaribu, karena telah membangun Perpustakaan Prof Lafran Pane, dan kita akan membalas kebaikan tersebut dengan Piagam Penghargaan dari KAHMI.

Dikatakan Herman bahwa ikut sertanya Dr Ir H Akbar Tanjung walau sudah sepuh, namun semangatnya untuk terus aktif dalam membimbing dan membina yang terus menjadi dinamisator dan penggerak KAHMI yang khusus bagi kami di MN KAHMI.

"Jadi Prof Lafran Pane sebagai pendiri HMI, yang menjadi Organisasi Mahasiswa terbesar saat ini, disamping untuk menyerahkan ribuan buku ke perpustakaan juga untuk syukuran shooting perdana film 'Demi Waktu' yang mengisahkan perjalanan hidup Prof Lafran Pane," ujarnya.

Ketua Dewan Penasehat MD KAHMI Tapsel sekaligusBupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu mengatakan ada dua agenda yang sangat penting yakni menerima bantuan buku dari MN KAHMI serta pembuatan Film "Demi Waktu".

"Perpustakaan Prof Lafran Pane akan kami tingkatkan menjadi perpustakaan online. Nanti tahun 2020 sudah dapat di akses melalui android dan sejenisnya. Lalu seluruh jalan di Komplek Perkantoran Pemkab Tapsel di Sipirok, melalui Perbup Tapsel telah ditetapkan dengan nama Jalan Prof Lafran Pane," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu hadir juga Boomer Pasaribu, Baharuddin Aritonang, Wabup Tapsel H Aswin Efendi Siregar dan lainnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2414 seconds (0.1#10.140)