Terbuka Peluang Firli Gantikan Tito Jadi Kapolri

Senin, 07 Oktober 2019 - 21:13 WIB
Terbuka Peluang Firli Gantikan Tito Jadi Kapolri
Kepolisian Republik Indonesia. (Foto/Dok)
A A A
MEDAN - Irjen Pol Firli Bahuri sudah terpilih menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), namun masih terbuka peluang menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Tito Karnavian.

Koordinator Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia (PMPHI) Gandi Parapat mengatakan, Firli berpeluang besar menggantikan Tito dengan alasan regenerasi.

Jika dilihat dari track recordnya, Firli merupakan pemimpin yang sudah teruji. "Pengangkatan Firli pun jika dipilih Presiden, tidak akan melanggar amanah undang - undang. Sebab, meski nanti terpilih jadi Ketua KPK, namun yang bersangkutan masih aktif di Polri," kata Gandi Parapat di Medan, Sumut, Senin (7/10/2019).

Gandi mengungkapkan, Firli dinilai sebagai pemimpin Polri yang sudah teruji karena sudah memiliki banyak pengalaman dan dikenal humanis. Selain itu, Firli juga sudah diakui teruji oleh Komisi III DPR saat mengikuti proses seleksi pimpinan KPK.

"Jenderal Firli merupakan jawaban untuk menghentikan segala bentuk manuver dari pihak tertentu, yang patut dicurigai menginginkan adanya pergantian Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Presiden juga mempunyak hak prerogratif jika tetap mempertahankan Tito Karnavian," katanya.

Gandi tidak memungkiri, isu peegantian pimpinan Polri sudah berhembus kencang di tengah masyarakat. Namun, isu pergantian itu bukan karena Tito Karnavian dinilai gagal dalam memimpin Polri. Sebaliknya, Tito justru dinilai berhasil dalam memimpin Polri, khususnya pemberantasan terorisme.

Menurutnya, Presiden Jokowi mempunyai hak prerogratif untuk mengangkat Irjen Firli jika ingin menggantikan Kapolri Tito Karnavian. Firli bisa dipromosikan ke jabatan bintang tiga, kemudian mengangkatnya menjadi Kapolri. Jokowi juga tidak akan melanggar Undang - undang bila membatalkan Firli yang sudah terpilih menjadi Ketua KPK. DPR dipastikan mendukung keputusan itu.

"Dengan memilih Jenderal Firli maka akan mendinginkan situasi yang sempat memanas atas tuntutan dikeluarkannya Perppu. Firli juga dapat menguatkan Polri dalam agenda pemberantasan korupsi di Tanah Air. Citra Polri akan semakin baik ke depannya," sebutnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7123 seconds (0.1#10.140)