Besok Jokowi Mengikuti Pertemuan Leaders Retreat di Singapura

Senin, 07 Oktober 2019 - 19:05 WIB
Besok Jokowi Mengikuti Pertemuan Leaders Retreat di Singapura
Menlu Retno Marsudi mengungkapkan, Presiden Jokowi berencana melakukan kunjungan ke Singapura. Kunjungan ini dalam rangka pertemuan tahunan Leaders Retreat. (Foto/SINDOphoto)
A A A
BOGOR - Menteri Luar (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok akan melakukan kunjungan ke Singapura. Kunjungan ini dalam rangka untuk pertemuan tahunan Leaders Retreat.

Dimana pada tahun lalu acara ini digelar di Bali. "Tahun ini kita selenggarakan besok Insyaallah di Singapura," kata Menlu Retno, di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (7/10/2019).

"Leaders retreat dengan Singapura intinya pertama kita ingin menindaklanjuti atau melakukan evaluasi sampai di mana perkembangan kerja sama yang kita lakukan setelah 1 tahun," sambungnya.

Retno mengungkapkan, kerja sama kedua negara dalam satu tahun ini sudah banyak perkembangan. Salah satunya dalam pembangunan Kendall Industri Park dan juga kerja sama di Batam.

"Saya tidak akan ungkap lebih detail karena akan disampaikan setelah pertemuan dengan PM Singapura besok," ungkapnya.

Lebih lanjut Retno memastikan, masalah inevstasi juga menajdi salah satu yang akan dibahas. Termasuk juga kerjasama pendidikan vokasi di Singapura.

"Karena kita juga sudah memiliki beberapa kerja sama dengan Politeknik Singapura mengenai masalah pendidikan vokasi ini. Jadi outlinenya adalah tiga. Satu terkait tindak lanjut leaders retreat. Kedua investasi. Ketiga mengenai human capital development," katanya

Meski begitu dia menyebut bahwa ada kemungkinan kedua pimpinan negara itu membahas masalah lain di luar dari itu.

"Tapi kita tidak bisa mencegah leader untuk bicara hal-hal lain tentunya. Termasuk hal-hal terkait kontra terorism atau hal lain itu bisa saja muncul di dalam pembicaraan," jelasnya.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4520 seconds (0.1#10.140)