Arab Saudi Akan Buka Masjid untuk Salat, Jarak Jamaah 2 Meter

Rabu, 27 Mei 2020 - 11:09 WIB
loading...
Arab Saudi Akan Buka Masjid untuk Salat, Jarak Jamaah 2 Meter
Kompleks Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Arab Saudi mengizinkan masjid-masjid dibuka untuk ibadah salat Jumat dan salat lima waktu. Pengumuman ini disampaikan media pemerintah pada Selasa (26/5/2020), ketika kerajaan tersebut mulai melonggarkan pembatasan pergerakan, kecuali di Makkah.

Masjid akan diizinkan dibuka 15 menit sebelum salat dan harus ditutup 10 menit setelah selesai, sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Kementerian Urusan Islam.

Untuk salat Jumat, masjid akan diizinkan dibuka 20 menit sebelum salat dan harus ditutup 20 menit setelah selesai. Waktu khotbah dan salat Jumat harus 15 menit.

Tidak ada salinan Alquran yang tersedia di masjid sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus corona baru (Covid-19). Jamaah salat juga harus berjarak 2 meter. Semua pendingin air dan lemari es harus ditutup. Toilet dan tempat wudhu di dalam masjid harus ditutup. (BACA JUGA: Viral, PM Selandia Baru Tetap Tenang Wawancara Live saat Diguncang Gempa)

Menurut media pemerintah yang dikutip Gulf News, penangguhan pelajaran, kuliah dan kelas untuk menghafal Alquran di masjid harus ditegakkan. Sebagai gantinya, pendidikan dan kuliah akan dilanjutkan dari jarak jauh.

Masih menurut laporan tersebut, para jamaah harus mengambil semua tindakan pencegahan penyebaran Covid-19, mulai dari mengenakan masker hingga membawa sajadah sendiri, melakukan wudhu di rumah dan menjaga jarak yang aman dari orang lain ketika meninggalkan atau memasuki masjid. Anak-anak di bawah usia 15 tidak diizinkan untuk datang ke masjid.

Pihak berwenang Saudi mengatakan pada hari Senin bahwa pembatasan akan dicabut dalam tiga tahap, yang berpuncak pada jam malam yang berakhir pada 21 Juni. Namun, pencabutan pembatasan ini tidak berlaku untuk wilayah Makkah. (BACA JUGA: Pesan Idul Fitri dari Vladimir Putin: Peran Komunitas Muslim Penting dalam Masa Pandemi)
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3617 seconds (0.1#10.140)