alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dua Rudal Balistik Milik Pemberontak Houthi Jatuh di Saada

Esnoe Faqih Wardhana
Dua Rudal Balistik Milik Pemberontak Houthi Jatuh di Saada
Ilustrasi

RIYADH - Milisi pemberontak Houthi menembakkan dua rudal balistik dari Sanaa pada Jumat (4/10) pagi. Dua rudal itu mendarat di utara provinsi Saada, Yaman, sebut laporan Saudi Press Agency (SPA).

Tidak ada laporan soal korban dan kerusakan yang disebabkan hantaman rudal itu.

“Milisi Houthi terus melanggar hukum humaniter internasional dan aturan dengan menembakkan rudal balistik, yang tanpa pandang bulu menimpa warga sipil dan dampak langsung mereka. Di pusat-pusat penduduk yang mengancam kehidupan ratusan warga sipil tak berdosa di Yaman,” kata juru bicara Koalisi Arab, Kolonel Turki Al-Maliki.



Dia menambahkan, pasukan gabungan koalisi terus mengambil langkah tegas untuk menetralisir dan menghancurkan kemampuan balistik ini untuk melindungi rakyat Yaman dan keamanan regional dan internasional.

Belum ada konfirmasi dari kubu pemberontak Houthi soal pernyataan Koalisi Arab ini. Sebelumnya pada 24 September silam, Koalisi Arab juga menyebut pemberontak Houthi telah meluncurkan rudal balistik dari provinsi Amran dan jatuh di Saada.

Konflik di Yaman memang kian meruncing, meski pemberontak Houthi telah mengambil langkah membebaskan ratusan tahanan, termasuk sejumlah warga Saudi. Konflik kian parah dengan munculnya pengakuan Iran soal bantuan teknis yang mereka berikan pada Houthi.



(vhs)

loading...