Bi Kupi Pancong Saboh, Tradisi Pesan Kopi Setengah Gelas Saja Cara Masyarakat Aceh

Jum'at, 04 Oktober 2019 - 13:04 WIB
Bi Kupi Pancong Saboh, Tradisi Pesan Kopi Setengah Gelas Saja Cara Masyarakat Aceh
Ilustrasi kopi. / Foto: upenn.edu
A A A
MEDAN - Minum kopi menyiratkan banyak cerita bermakna, termasuk menggambarkan karakter budaya masyarakat di suatu daerah. Seperti di Aceh, yang memang kental akan budaya minum kopinya.

Dikutip dari Coffindo, sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, masyarakat Aceh memang sangat erat dengan kopi. Beberapa di antara budaya unik masyarakat Aceh dalam menikmati kopi adalah kebiasaan meminum kopi setengah gelas, atau dalam kebudayaan Aceh disebut Bi Kupi Pancong Saboh.

Secara harfiah, Bi Kupi Pancong Saboh merupakan sebuah cara memesan sebuah kopi pancung dengan porsi hanya setengah gelas saja. Disebut kopi pancong karena isinya tidak penuh seperti dipancung atau dipotong. Meskipun disajikan setengah, porsi bubuk kopi dan olahannya persis sama seperti membuat kopi segelas penuh. Sehingga, rasa yang dihasilkan begitu sangat kuat dan kental.

Selain disebut kopi pancong karena bermakna dipotong setengah, nama ini juga didapat dari nama kue pancung yang biasanya juga ikut disajikan di warung-warung kopi Aceh sebagai cemilan pendamping meminum kopi. Meskipun juga ada cemilan lainnya seperti kue bika Aceh atau pulut panggang sebagai panganan kawan minum kopi.

Bagi masyarakat Aceh, tradisi minum kopi pancong sangat erat kaitannya dengan budaya pergaulan yang sangat kuat di masyarakat Aceh. Masyarakat Aceh penikmat kopi ini akan sangat betah berbincang berlama-lama di warung kopi Aceh, hingga ada istilah "Kupi sikhan glah, peh bereukah lua nanggroe" yang berarti minum kopi cuma setengah gelas, tetapi cakap bicaranya sampai ke luar negeri.

Sebenarnya di mana saja, nongkrong di warung kopi juga kerap membuat betah untuk berlama-lama ngobrol dan berbagi cerita dengan teman ngopi. Itulah mungkin yang membuat kopi itu menarik sekaligus bermakna. Bagi Anda yang tertarik ingin merasakan sensasi minum kopi ala masyarakat Aceh, cobalah sesekali untuk mencoba kopi pancong ini.

Meskipun Anda mungkin tidak sempat langsung menikmatinya di warung kopi Aceh, anda juga bisa membuat resep kopi pancong sendiri di rumah. Pada dasarnya, kopi pancong dibuat dengan bahan utama kopi arabika gayo, dan pastikan bahwa kopi tersebut 100 persen murni dan asli tanpa adanya campuran bahan apapun.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2244 seconds (0.1#10.140)