Pemprov Sumut Bantu Warga Korban Kebakarakan di Medan

Kamis, 03 Oktober 2019 - 20:14 WIB
Pemprov Sumut Bantu Warga Korban Kebakarakan di Medan
Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara Nawal Edy Rahmayadi memberikan bantuan kepada warga korban kebakaran di Jalan S.Parman, Medan, Kamis (3/10/2019). (Foto:SINDOnews/Ist)
A A A
MEDAN - Dinas Sosial dan Tim Penggerak PKK Pemprov Sumatera Utar menyerahkan bantuan kepada warga korban kebakaran di Jalan S Parman, Medan, yang menghanguskan 50 rumah dan 68 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal yang terjadi pada Selasa (1/10/2019) malam lalu

Bantuan diserahkan Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumut Rajali, serta Camat Medan Baru Chandra Simbolon, di Posko Penampungan Gang Pasir Jalan S Parman, Kamis (3/10/2019).

“Hari ini kita datang untuk memberikan semangat dan dukungan kepada saudara-saudara kita yang baru saja mengalami musibah. Kita ingin tunjukkan bahwa apa yang mereka alami ini adalah duka kita bersama. Semoga bantuan kami bawa hari ini bermanfaat dan meringankan beban keluarga,” kata Nawal.

Disela-sela menyerahkan bantuan, Ketua TP PPK Sumut Nawal mengobrol dengan para warga, sekaligus memberikan motivasi agar senantiasa tabah dalam menghadapi musibah yang menimpa saat ini. “Selalu berbaik sangka kepada Allah, hadapi dengan tabah, mudah-mudahan menjadi ladang pahala bagi kita. Insya Allah, akan Allah ganti dengan yang lebih baik di masa depan,” ujar Nawal.

Kepada pelajar, Nawal berharap kejadian ini tidak melunturkan semangat mereka untuk belajar di sekolah. Kalau pun tidak ada pakaian sekolah, kata Nawal, guru diharapkan memakluminya. “Saya yakin keadaan akan semakin membaik. Banyak donatur yang akan datang, termasuk membawa pakaian sekolah,” katanya.

Plh Lurah Petisah Hulu Erwin Tarigan, mengatakan sebanyak 50 rumah yang hangus terbakar, mengakibatkan sebanyak 402 warga (68 KK) harus kehilangan tempat tinggal. Kebakaran diduga berawal dari salah satu rumah warga dan menjalar ke rumah lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumut Rajali menjelaskan bahwa bantuan yang diserahkan berupa kebutuhan sandang dan pangan. “Kita bawa kasur, selimut gulung, pakaian sekolah, dan makanan siap saji. Selain itu, juga ada peralatan mandi, peralatan salat, pokoknya yang kita anggap bermanfaat untuk mendukung aktivitas keseharian mereka,” jelas Rajali.

Perihal rumah yang terbakar, Rajali menyebut akan mencoba berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Penataan Ruang.

“Kemudian, kita koordinasikan juga kepada Kementerian Sosial, biasanya ada bantuan bagi yang rumahnya terbakar. Ada rumah, juga ada jaminan hidup selama tiga bulan,” ucapnya. Turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut anggota TP PKK Sumut dan ASN Dinas Sosial Provinsi Sumut.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3883 seconds (0.1#10.140)