Tiga Kecamatan dan Puskesmas Waspada Dampak Gunung Sinabung Meletus

Rabu, 08 Mei 2019 - 10:38 WIB
Tiga Kecamatan dan Puskesmas Waspada Dampak Gunung Sinabung Meletus
Ilustrasi Photo
A A A
SIMALUNGUN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Simalungun meminta kepada tiga kepala kecamatan di daerah yang berdekatan dengan Gunung Sinabung, aktif memonitoring dampak letusan gunung yang berada di Kabupaten Tabah Karo itu.

Sekretaris BPBD Pemkab Simalungun Manaor Silalahi kepada Sindonews.com,Rabu (8/5/2019) mengatakan, tiga kecamatan yang berdekatan dengan Gunung Sinabung yakni kecamatan Silimakuta, Pematang Silimakuta dan Dolok Silou rawan terkena dampak letusan gunung merapi yang meletus dua hari lalu.

"Sudah disampikan kepada tiga camat yang wilayahnya berdekatan dengan Kabupaten Tanah Karo untuk aktif memonitoring dampak meletusnya Gunung Sinabung," ujar Manaor.

Dia menambahkan para camat juga diminta aktif berkordinasi dengan BPBD jika dampak meletusnya Gunung Sinabung membahayakan warga sehingga bisa segera dilakukan penanggulangan berkordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan instansi Polri-TNI.

Pihak Dinas Kesehatan setempat juga telah menyiagakan petugas kesehatan di tiga kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Tanah Karo. "Puskesmas sudah disiagakan untuk melakukan penanganan medis bagi warga yang terkena dampak meletusnya Gunung Sinabung seperti gangguan pernapasan atau penyakit lainnya," sebut Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Simakungun Jan Maurisdo Purba.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9480 seconds (0.1#10.140)