Disita sejak Juli, Kapal Tanker Milik Inggris Dilepaskan Iran

Sabtu, 28 September 2019 - 07:04 WIB
Disita sejak Juli, Kapal Tanker Milik Inggris Dilepaskan Iran
Kapal Stena Impero berbendera Inggris yang disita Iran sejak Juli telah dilepaskan pada Jumat (27/9/2019). Foto/Nazanin Tabatabaee/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS/File Photo
A A A
TEHERAN - Kapal tanker minyak Stena Impero berbendera Inggris meninggalkan pelabuhan Bandar Abbas pada Jumat (27/9/2019) setelah dilepaskan otoritas berwenang Iran.

Kapal itu disita sejak Juli 2019. Menurut pemiliknya, kapal Stena Impero sedang menuju Dubai sebagai langkah untuk memulangkan para awaknya. Teheran menyita kapal itu sebagai balasan setelah kapal tanker minyak Iran disita Maritim Kerjaan Inggris dan otoritas Gibraltar di perairan Gibraltar. Kapal tanker minyak Iran telah dibebaskan lebih dulu pada Agustus lalu.

"Kapal sedang bergerak," kata Erik Hanell, kepala eksekutif Stena Bulk Swedia—pemilik kapal Stena Impero—kepada Reuters.

Dia mengatakan perusahaan memiliki rencana keamanan yang dipersiapkan dengan baik untuk kapal begitu meninggalkan perairan Iran. Dia menambahkan bahwa kapal Stena Impero diharapkan akan mencapai perairan internasional sekitar pukul 10.00 GMT.

Kapal Stena Impero disita Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) atas atas tuduhan melanggar wilayah perairan Iran. Penyitaan kapal pada 19 Juli memicu ketegangan di wilayah Teluk Persia setelah serangkaian serangan terhadap kapal tanker minyak dan kapal kargo lainnya di perairan Teluk pada pada Mei dan Juni 2019. Amerika Serikat (AS) menuduh Iran sebagai pelaku serangkaian serangan tersebut.

Pihak Stena Bulk mengatakan Stena Impero sedang menuju ke Dubai, Uni Emirat Arab, di seberang Teluk Persia, di mana kru akan menerima cek medis dan tanya jawab.

Iran sebelumnya melepaskan tujuh dari 23 awak kapal tersebut awal bulan ini.

"Keluarga anggota kru telah diinformasikan dan perusahaan saat ini membuat pengaturan untuk pemulangan para pelautnya yang berharga secepat mungkin," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Data pelacakan Refinitiv menunjukkan kapal itu menuju Pelabuhan Rashid Dubai, sekitar 250 km (155 mil) dari Bandar Abbas. Pada kecepatan normal kapal tanker itu akan tiba dalam setengah hari.

Organisasi Pelabuhan dan Maritim Iran di Provinsi Hormozgan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal telah bergerak dari Bandar Abbas pada pukul 09.00 pagi waktu Iran (pukul 05.30 GMT).
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1602 seconds (0.1#10.140)