Tradisi Lebaran Unik di Berbagai Negara

Minggu, 24 Mei 2020 - 10:38 WIB
loading...
Tradisi Lebaran Unik di Berbagai Negara
Warga Palestina menghabiskan libur lebaran dengan pelesir ke pantai. Foto Getty Images/APPhoto/istimewa
A A A
JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah tiba. Perayaan Lebaran ini memiliki keistimewaan karena telah menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Di Indonesia, Lebaran identik dengan pulang kampung atau mudik, ziarah kubur dan berlibur ke tempat wisata di beberapa negara muslim ini ternyata juga memiliki tradisi hampir sama, namun dengan keunikan masing-masing.

1. Muslim Palestina Pelesir ke Pantai

Di Palestina, saat Idul Fitri tiba, umat Islam akan pelesir ke Pantai Israel. Ini salah satu tradisi Idul Fitri paling unik sedunia, karena rumitnya situasi politik antara Palestina-Israel.

Secara umum, mayoritas warga Israel tidak akan merayakan Idul Fitri lantaran mereka beragama Yahudi. Namun khusus sepanjang libur tiga hari setelah berakhirnya bulan Ramadan, pantai-pantai di kota besar Negeri Daud itu akan dipenuhi umat muslim. (Baca juga : Menjelajahi Kecantikan Desa Adat Terindah Di Indonesia)

Dilansir Surat Kabar Haaretz, biasanya pantai favorit kaum muslim liburan Lebaran adalah ke Pantai Mediterania di Ibu Kota Tel Aviv. Ribuan umat muslim dari Tepi Barat ataupun Yerusalem Timur, Palestina, memperoleh izin khusus oleh pemerintah Zionis mengunjungi pantai.

BACA JUGA : Kapolda Sumut: Malam Takbiran Sumut Aman

Pemandangan ini sangat langka di Israel, karena ruang-ruang publik mereka tiba-tiba dipenuhi warga keturunan Arab serta perempuan berhijab.

Izin kunjungan ini diberikan Pemerintah Zionis terutama bagi warga Tepi Barat yang sebagian sanak saudaranya tinggal di wilayah jajahan Israel.

2. Muslim Di Afrika Selatan Berbondong-bondng Melihat Hilal
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)