alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pompeo: Pasukan Tambahan AS di Kawasan Teluk untuk Pencegahan

Victor Maulana
Pompeo: Pasukan Tambahan AS di Kawasan Teluk untuk Pencegahan
Pasukan AS di Timur Tengah. FOTO/cufi.org.uk

WASHINGTON - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan, Washington tidak ingin berperang dengan Teheran.

Pengerahan pasukan tambahan AS ke kawasan Teluk, papar Pompeo, ditujukan untuk pencegahan dan pertahanan.

Berbicara kepada Fox News, Pompeo mengatakan, ia yakin Presiden AS, Donald Trump akan mengambil langkah lain jika tindakan pencegahan seperti itu gagal dan bahwa ini dipahami dengan baik oleh para pemimpin Iran.



"Misi kami adalah untuk menghindari perang. Anda melihat apa yang diumumkan Sekretaris Esper pada hari Jumat, kami menempatkan pasukan tambahan di wilayah ini untuk tujuan pencegahan dan pertahanan," katanya dalam wawancara itu.

"Jika pencegahan itu harus terus gagal, saya juga yakin bahwa Presiden Trump akan terus mengambil tindakan yang diperlukan," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (23/9).

Sebelumnya, Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan, kekuatan asing, termasuk AS, seharusnya menjauh dari kawasan Teluk. Dia mengatakan, semakin jauh kekuatan asing dari kawasan Teluk, maka kawasan ini akan semakin damai.

"Jika mereka tulus, maka mereka seharusnya tidak menjadikan wilayah kita sebagai tempat perlombaan senjata. Kehadiran kalian selalu membawa rasa sakit dan kesengsaraan untuk wilayah ini. Semakin jauh Anda menjauhkan diri Anda dari wilayah kami dan negara kami, semakin akan ada keamanan untuk wilayah kami," ucap Rouhani.



(vhs)

loading...