alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hai Milenial, Inikah Lima Tipe Rumah Pilihan Kalian?

Rina Anggraeni
Hai Milenial, Inikah Lima Tipe Rumah Pilihan Kalian?
Rumah yang simpel namun multifungsi menjadi salah satu kriteria idaman bagi para milenial. Foto/Ilustrasi

JAKARTA - Generasi milenial yang kini menjadi pasar yang begitu potensial bagi para pengembang perumahan.

Menurut Perancang Keuangan Eko Endarto, generasi yang lahir antara 1980-an hingga 2000-an ini memiliki selera tersendiri mengenai rumah pilihannya. Secara umum, kata dia, generasi milenial sangat menyukai tipe rumah yang sederhana tapi memiliki aksen mewah.

"Karena itu para developer mulai mengembangkan perumahan dengan kriteria yang sesuai dengan idaman generasi milenial ini," ujar Eko saat dihubungi SINDOnews beberapa waktu lalu.



Dia menambahkan, generasi milenial memiliki karakteristik menyukai hal-hal yang efisien dan kemudahan dalam kesehariannya. Karena itu, kata dia, bagi kaum milenial, desain rumah mengalahkan tren.

"Mereka lebih tertarik dengan rumah dengan desain yang simpel, minimalis, modern dan nyaman, meski ada juga milenial yang tertarik dengan bentuk rumah yang besar dan menampilkan kesan mewah," jelasnya.

Berdasarkan karakteristiknya, Eko menyimpulkan tipe-tipe rumah inilah yang disukai oleh generasi milenial :

1. Rumah cluster
Rumah cluster adalah suatu perumahan yang dibangun berkelompok dalam satu lingkungan dengan bentuk rumah serasi. Biasanya, perumahan cluster dilengkapi dengan pagar pembatas yang tinggi di sekeliling perumahan. Namun, di dalam perumahan, rumah biasanya terbuka alias tidak dipasangi pagar yang membatasi antarrumah.

Rumah cluster banyak dijumpai di daerah maupun di pusat kota. Para milenial banyak yang memilih untuk tinggal di rumah cluster. Salah satu alasannya adalah terjaminnya keamanan. Sebab biasanya, perumahan cluster hanya memiliki satu akses keluar-masuk yang memudahkan petugas keamanan mengawasi dan menjaga perumahan tersebut. Selain itu, rumah cluster juga tidak akan terganggu dengan kendaraan asing yang lalu lalang.

2. Rumah dengan akses internet
Rata-rata, rumah ideal generasi milenial adalah rumah yang memiliki fasilitas koneksi internet. Dengan pemasangan jaringan internet di perumahan, para milenial yang terbiasa untuk berselancar di dunia internet baik untuk bekerja atau pun sekadar mencari hiburan akan merasa nyaman.

3. Rumah minimalis
Kelompok milenial umumnya tidak terlalu menyukai rumah besar dan mewah. Mereka lebih memilih rumah dengan tampilan minimalis. Biasanya kelompok milenial menyasar rumah bertipe 27 hingga 36.

Alasannya sederhana, saat weekend, mereka tak membutuhkan banyak waktu untuk bersih-bersih rumah karena biasanya para millenial merupakan karyawan yang cenderung memiliki sedikit waktu luang.

4. Rumah multifungsi
Banyak dari generasi milenial yang memanfaatkan rumah sebagai tempat bekerja atau workshop. Rumah tersebut memiliki ruangan-ruangan dengan lebih dari satu fungsi. Mereka juga melengkapi rumah dengan furniture yang multifungsi dan mudah dipindahkan. Rumah multifungsi akan menunjang pekerjaan dan lebih menghemat tempat maupun uang.

5. Rumah berukuran kecil
Rata-rata generasi millenial umumnya lebih tertarik membeli rumah dengan tipe 27-36. Ini karena mereka umumnnya masih belum berkeluarga atau baru mulai membangun keluarga kecil.
(fjo)



(vhs)

loading...
Berita Terkait