Mendidik Barista Pemula Jadi Komitmen Kopi Abah

Sabtu, 21 September 2019 - 05:57 WIB
Mendidik Barista Pemula Jadi Komitmen Kopi Abah
Nur Rohman, CEO Kopi Abah, mengatakan, Kopi Abah adalah kedai kopi yang dikembangkan oleh Gerakan Santri Usahawan (Gus Iwan). (Foto/Ist)
A A A
JAKARTA - Satu di antara puluhan stan di Rembug Kopi Nasional (RKN) 2019 di Smesco Exhibition Hall, Jakarta, Jumat (20/9/2019) adalah Kopi Abah. Mau tahu seputar kopi tersebut?

Nur Rohman, CEO Kopi Abah, mengatakan, Kopi Abah adalah kedai kopi yang dikembangkan oleh Gerakan Santri Usahawan (Gus Iwan).

"Secara filosofis Kopi Abah memiliki kepanjangan, komitmen pikiran arus bawah," kata dia.

Dijelaskan pria yang akrab disapa Gus Rohman itu, tujuan Kopi Abah adalah memperkuat perekonomian arus bawah.

Santri, lanjutnya, tidak boleh hanya memikirkan diri sendiri. Harus memikirkan orang lain. "Bagaimana agar kami bisa memberikan manfaat bagi orang banyak," terangnya.

Menariknya, Kopi Abah memiliki kegiatan rutin setiap pekan, yakni pelatihan barista gratis."Ini merupakan program yang menjadi bukti komitmen kami dalam memberikan kesempatan generasi muda untuk berkembang. Terutama dalam menyebar semangat kewirausahaan," ungkapnya.

Setiap pekannya, melalui program pelatihan barista gratis ini, lanjutnya, pihaknya menyaring 20 peserta untuk ikut. Dari pelatihan gratis ini, pihaknya memberikan kesempatan para peserta untuk magang di gerai-gerai Kopi Abah. Bahkan, ada juga beberapa yang menjadi karyawannya. "Tak sedikit juga yang memilih bekerja di tempat lain," imbuhnya.

Pihaknya, tambahnya, juga sering berkunjung ke sejumlah pesantren untuk pelatihan barista dan pelatihan kewirausahaan gratis.

"Pada dasarnya kami percaya bahwa kunci dari bisnis yang benar itu adalah terima dan kasih. Maksudnya, ketika kita sudah mendapatkan keuntungan (terima), maka kita tidak boleh lama-lama menyimpan untuk diri sendiri. Kita harus segera memberikan kepada yang membutuhkan (kasih). Prinsip seperti inilah yang bisa membuat bisnis, bahkan hidup kita menjadi seimbang," tutupnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4207 seconds (0.1#10.140)