Sambut Formula E Prik 6 Juni 2020, Anies Konvoi Mobil Mewah Bersama Pebalap Sean Gelael

Jum'at, 20 September 2019 - 18:44 WIB
Sambut Formula E Prik 6 Juni 2020, Anies Konvoi Mobil Mewah Bersama Pebalap Sean Gelael
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal mobil listrik dalam rangka pagelaran Jakarta E Prix 2020, Jumat (20/9/2019). Foto: SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencoba mobil listrik dalam rangka pagelaran Jakarta E Prix 2020. Anies bersama rombongan konvoi mobil mewah menelusuri jalanan ibu kota, Jumat (20/9/2019) sore.

Jakarta E Prix 2020 ini direncanakan digelar pada 6 Juni 2020. Bersama Seoul (Korea Selatan) dan London (Inggris), Jakarta merupakan kota baru yang akan menggelar Formula E untuk musim 2019/2020. Sirkuit yang dipakai yakni jalanan sekitar Monumen Nasional, antara lain Jalan Medan Merdeka.

Penetapan jadwal Formula E itu diumumkan Co-Founder & Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo, dalam situs resmi Formula E.

“Kalender untuk musim mendatang dari ABB FIA Formula E Championship sudah ditetapkan untuk menjadi sesuatu yang istimewa. Menambah seri balapan di Asia, khususnya Indonesia, sangat menarik," kata Alberto Longo, Jumat (20/9/2019).

Sementara itu konvoi di Jakarta dimulai dari lapangan parkir Timur Senayan menuju Monumen Nasional (Monas) dengan dibonceng pebalap nasional Sean Gelael.

Pantauan SINDOnews, masyarakat nampak memadati lapangan Monas untuk melihat mewahnya mobil-mobil listrik milik pabrikan Jerman, Bavarian Motor Works (BMW).

Setibanya di kawasan Monas, Anies disambut riuh tepuk tangan dari masyarakat yang hadir memadati kawasan Monas sisi Selatan.

Konvoi ini diikuti empat mobil listrik yang terdiri dari dua jenis BMW i8 Roadster, satu mobil BMW i3 hybrid, dan satu mobil karya anak bangsa dari Surabaya (ITS) dengan nama Lowo Ireng.

Selain itu, beberapa unit mobil listrik milik salah satu perusahaan taksi dan tiga jenis bus listrik milik Transjakarta turut memeriahkan konvoi menyambut ajang balap Formula E.

"Rangkaian untuk sore ini kita akan umumkan penyelenggaraan balap mobil Formula E dan rangkaiannya adalah kita mengumpulkan kendaraan listrik," ujar Anies.

Anies berharap ke depannya semakin banyak kendaraan listrik yang bisa melintas di jalan-jalan ibu kota.

"Pesan utamanya adalah ke depan kendaraan akan mengandalkan sumber energi terbarukan dan salah satunya adalah kendaraan yang minim polusi," pungkasnya.

Formula E merupakan kompetisi paling elite balap mobil berbasis listrik. Lomba ini memerlukan lintasan 3 km yang akan menggunakan jalan raya.

Digagas pada 2012, Formula E pertama kali digelar di Beijing, China pada September 2014. Kejuaraan ini telah menjadi kalender resmi Federasi Otomotif Internasional (FIA).
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5935 seconds (0.1#10.140)