Buya Minta Jokowi Tak Angkat Menteri yang Bikin Kacau

Kamis, 19 September 2019 - 15:19 WIB
Buya Minta Jokowi Tak Angkat Menteri yang Bikin Kacau
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif. (Foto/SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (19/9/2019). Syafii Maarif mengatakan dimintai pendapat mengenai sosok menteri dalam kabinet periode mendatang.

“Soal menteri. Pilih kabinet yang bagus, yang betul-betul. Dari partai juga boleh, tapi orang yang profesional, punya integritas. Itu aja,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Dia menegaskan jangan sampai Presiden Jokowi memilih sosok menteri yang malah membuat kacau.

“Presidennya tahu. Jadi ada persoalan integritas, kompetensi, profesionalisme. Boleh dari partai, enggak apa-apa. Tapi yang setia kepada presiden. Jangan yang bikin kacau,” ungkapnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi meminta semua pihak untuk bersambar sampai waktunya mengumumkan menteri kabinet mendatang. “Yang pertama, ya kita sabar. Tunggu waktunya pasti akan kita umumkan,” ungkapnya.

Saat itu dia kembali menegaskan pembentukan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Dia meminta agar tidak ada yang ikut campur berkaitan dengan hal itu.

“Itu adalah hak prerogatif presiden. Jadi jangan ada yang ikut campur. Usul boleh, usul boleh, bisik-bisik juga boleh. Tapi seperti tadi yang disampaikan kewenangan presiden, hak prerogatif presiden,” ujarnya.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1590 seconds (0.1#10.140)