Water Canon Milik Polres Karo Bersihkan Abu Vulkanik Sinabung

Selasa, 07 Mei 2019 - 14:57 WIB
Water Canon Milik Polres Karo Bersihkan Abu Vulkanik Sinabung
Mobil water canon membersihkan debu abu vulkanik Gunung Sinabung. (Foto: iNews/Stepanus Purba).
A A A
KARO - Polres Karo menurunkan mobil water canon untuk membantu tim pemadam kebakaran unutk membersihkan material abu vulkanik Gunung Sinabung.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny R Hutajulu mengatakan, pengerahan mobil damkar ini sendiri dilakukan untuk meminimalisir dampak debu vulkanik terhadap kesehatan masyarakat pascaerupsi Sinabung. (Baca juga: Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Erupsi Hingga 2.000 Meter)

"Selain melakukan penyiraman, personel kita di lapangan juga melakukan pembagian masker, dan sosialisasi terhadap masayarakat. Khususnya untuk menjauhi zona-zona terlarang," kata Benny kepada wartawan, Selasa (7/5/2019).

Sebelumnya, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi, Selasa (7/5/2019). Warga di sejumlah wilayah diprediksi akan tertapapar abu vulkanik gunung tersebut.

Erupsi Gunung Sinabung ini terjadi sekitar pukul 07.48 WIB. Berdasarkan pantauan dari pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, erupsi yang terjadi pagi tadi mengeluarkan material setinggi 2.000 meter di atas puncak gunung.

"Erupsi Gunung Sinabung kurang lebih selama 40 menit," kata PVMBG Muhammad Nurul Asrori.

Arah angin saat ini condong ke arah tenggara. Dia memperkirakan, material abu vulkanik akan terbawa angin ke wilayah Kecamatan Simpang Empat. Masyarakat yang tinggal di bantaran sungai juga diminta waspada banjir lahar dingin.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9180 seconds (0.1#10.140)